Kolaborasi Pemda DKI dan Pusat Kurangi Dampak Covid

- 5 Januari 2021, 10:48 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan Bansos secara simbolik kepada warga Jakarta.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan Bansos secara simbolik kepada warga Jakarta. /Arahkata/

ARAHKATA - Awal tahun 2021 pandemi Covid-19 masih belum beringsut dari bumi Indonesia. Menjadi PR besar bagi bangsa ini dalam mengatur segala permasalahan yang ada. Memang bukan hal yang mudah dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Perlu seluruh elemen masyarakat untuk mengentaskan permalahan ini.

Keberadaan pemerintah tentu menjadi harapan seluruh warga negara yang ada di dunia, tanpa terkecuali Imdonesia. Pemerintah hadir untuk meringankan beban keluarga yang terdampak berat dari krisis pandemi melalui berbagai bantuan sosial (bansos).

Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan Pemerintah Pusat menyalurkan bantuan sosial guna mengurangi dampak pandemi Covid-19. Pemerintah Pusat menyediakan tiga jenis program bantuan berupa Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako / Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Baca Juga: Flash Player 12 Januari 2020 Diblokir, Adobe Ingatkan Ini

Penyaluran bantuan sosial se-Indonesia ini dilaksanakan secara simbolis oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Istana Negara, dan dihadiri secara virtual oleh seluruh Gubernur dari 34 Provinsi di Indonesia, pada Senin (4/1). Di Balai Kota Jakarta turut dihadiri oleh 24 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan masing-masing penerima bantuan diwakili oleh 8 KPM.

"Kami meneruskan pesan Presiden, bansos ini agar dimanfaatkan dengan bijak dan tepat, ini dijalankan dengan sebaik-baiknya. Pemanfaatannya diprioritaskan untuk seluruh keluarga," ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam laman facebooknya.

Berikut proses penyaluran tiga jenis bantuan sosial yang bekerja sama dengan Pemerintah Pusat:

Baca Juga: Program PEN 2021 Naik dari Rencana

1. Untuk Program Keluarga Harapan (PKH), penyalurannya akan dilakukan melalui rekening BNI. Bantuan PKH ini akan disalurkan dalam 4 tahap, yakni pada Januari, April, Juli dan Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x