Sepekan Kedepan Cuaca Akan Ekstrem, Ini Prakiraan Cuaca Versi BMKG

- 19 Januari 2021, 22:59 WIB
Sepekan Kedepan Cuaca Akan Ekstrem, Ini Prakiraan Cuaca Versi BMKG
Sepekan Kedepan Cuaca Akan Ekstrem, Ini Prakiraan Cuaca Versi BMKG /

ARAHKATA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan cuaca ekstrem yang bakal meningkat selama periode puncak musim hujan yang akan berlangsung sampai bulan Februari 2021 mendatang.

Adapun BMKG pada akhir 2020 lalu, juga pernah memprediksikan bahwa Puncak Musim Hujan akan terjadi pada Januari dan Februari 2021.

"BMKG terus meminta masyarakat dan seluruh pihak untuk tetap terus mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang cenderung meningkat di dalam periode puncak musim hujan ini," terang Deputi Bidang Klimatologi Herizal kepada wartawan, di Jakarta, Selasa 19 Januari 2021.

Baca Juga: Curhat KPU ke DPR: 40 Orang Pegawai KPU Terpapar Covid-19

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menuturkan sebagian besar wilayah terutama Jawa, Bali, Sulawesi Selatan hingga Nusa Tenggara saat ini sudah memasuki puncak musim hujan yang diperkirakan akan berlangsung sampai Februari 2021.

"Saat ini tercatat sebagian besar wilayah Indonesia. Yaitu 94 persen dari 342 Zona Musim telah memasuki musim hujan," tutur Dwi di Jakarta.

Kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan mampu berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Tanah Air.

Kondisi itu dipicu oleh menguatnya Monsun Asia yang ditandai dengan semakin kuatnya aliran angin lintas ekuator di Selat Karimata, diperkuat oleh pengaruh hadirnya gelombang atmosfer ekuatorial tropis Madden Julian Oscillation (MJO) dan Gelombang Rossby yang saat ini aktif di wilayah Indonesia.

Baca Juga: Sembuh Covid-19, Menko Perekonomian Airlangga Hartanto Melirik Sumbang Plasma Darah

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x