Resmi Terpilih Sebagai Kapolri, Komjen Listyo Sigit Akan Dilantik Besok

- 26 Januari 2021, 14:26 WIB
Komjen Listyo Sigit Prabowo (Kanan) yang besok akan segera dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kapolri di Istana.
Komjen Listyo Sigit Prabowo (Kanan) yang besok akan segera dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kapolri di Istana. /Arahkata/

 

ARAHKATA - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan, Presiden Joko Widodo akan melantik Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri di Istana Negara pada Rabu, 27 Januari 2021.

Menurut dia, pihak Istana Kepresidenan sudah memberikan informasi mengenai pelantikan Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri. Dia menggantikan Jenderal Idham Azis pada pekan ini.

“Insya Allah, beliau akan dilantik pada Rabu, jika tidak ada halangan pada Minggu ini,” kata Rusdi di Mabes Polri pada Senin, 25 Januari 2021.

Komjen Listyo Sigit Dilantik Sebagai Kapolri, Rabu 27 Januari 2021
Diketahui, Komjen Listyo Sigit telah disahkan sebagai Kapolri melalui rapat paripurna DPR pada Kamis, 21 Januari 2021. Menurut catatan pada rapat paripurna, hadir 91 orang secara fisik dan 204 orang secara virtual, serta izin 47 orang.

“Sehingga, kehadiran sudah mencapai kuorum yaitu 342 orang anggota,” kata Ketua DPR Puan Maharani.

Baca Juga: Korupsi Bansos, Keterlibatan Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Masih Didalami

Selanjutnya, Puan mengetok palu pertanda rapat paripurna resmi dibuka dan terbuka untuk umum. Kemudian, Komisi III DPR dipersilahkan untuk membacakan hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) Komjen Listyo Sigit. Hasil fit and proper test tersebut dibacakan oleh Wakil Ketua Komisi III, Ahmad Sahroni.

“Komisi III menyadari bahwa kecakapan, integritas dan kompetensi calon kapolri merupakan persyaratan mutlak untuk menjadi kapolri. Atas dasar itu, Komisi III DPR menyetujui untuk mengangkat calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo yang diusulkan Presiden,” kata Sahroni.

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x