Perduli Disabilitas, Polres Tangsel Revitalisasi Fasilitas Pelayanan

- 30 Januari 2021, 05:48 WIB
Seluruh fasilitas, mulai dari akses jalan, tempat parkir, hingga toilet kini telah dirancang khusus sehingga dapat dipergunakan bagi penyandang disabilitas
Seluruh fasilitas, mulai dari akses jalan, tempat parkir, hingga toilet kini telah dirancang khusus sehingga dapat dipergunakan bagi penyandang disabilitas /Arahkata/

ARAHKATA - Revitalisasi fasilitas pelayanan yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas dilakukan oleh Polres Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat 29 Januari 2021. Menggandeng Dinas Sosial Kota Tangsel dan Kominitas Difabel, fasilitas tersebut mulai diperkenalkan kemasyarakat

Seluruh fasilitas, mulai dari akses jalan, tempat parkir, hingga toilet kini telah dirancang khusus sehingga dapat dipergunakan bagi penyandang disabilitas dan berkebutuhan khusus. Kapolres Tangsel AKBP iman Imanuddin menjelaskan, program tersebut dilakukan guna menindaklanjuti serta menjabarkan kebijakan pimpinan Polri untuk perbaikan sarana dan prasarana yang ramah bagi penyandang disabilitas.

Seluruh fasilitas tersebut, sambung Imam, juga terdapat di seluruh kantor satuan kerja (satker) dan Polsek.

"Adapun beberapa sarana dan prasana yang kami siapkan bagi penyandang disabilitas, diantaranya tempat parkir khusus, akses masuk khusus, toilet khusus, ruang pemeriksaan khusus, dan beberapa fasilitas lainnya yang memang dirancang untuk rekan penyandang disabilitas," tuturnya.

Baca Juga: AS Serukan Penarikan Pasukan Rusia dan Turki dari Libya

Imam mengatakan, pihaknya juganakan berusaha merekrut tenaga kerja berkebutuhan khusus untuk dapat mengabdi dan berkarya di satuan kerja (satker) yang tersebar dinwilayah hukum Polres Tangsel. Hal itu sesuai dengan amanat Undang - Undang yang mewajibkan lembaga dan swasta mempekerjakan 1% tenaga disabilitas.

"Kami akan merekrut saudara-saudara kita, penyandang disabilitas untuk dipekerjakan sebagai Pekerja Harian Lepas (PHL) di Polres Tangerang Selatan dan seluruh Polsek Jajaran. Hal itu kami lakukan sebagai upaya pengejawantahan UU No 8/2016," terangnya.

Sementara, inovasi yang dihadirkan Polres Tangsel ini pun disambut baik. Seperti salah satunya yang diungkapkan oleh seorang pemerhati disabilitas, Adi.

Baca Juga: Sowan ke Kantor Muhammadiyah, Kapolri Sampaikan Program Moderasi Beragama

Pria yang kini juga menjabat sebagai Ketua National Paralympic Comitte (NPC) Tangsel itu mengapresiasi langkah Polres Tangerang Selatan tersebut.

"Terima Kasih untuk Polres Tangsel atas apresiasi dan support yang diberikan kepada kami. Terutama kesempatan untuk mengabdi, serta memberikan tenaga dan pikiran kita," tuturnya.

Halaman:

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x