Update Kasus Covid-19, 30 Januari Angka Kesembuhan di Jakarta Tertinggi

- 30 Januari 2021, 18:21 WIB
Ilustrasi virus Corona atau Covid-19.
Ilustrasi virus Corona atau Covid-19. /Pixabay/mattthewafflecat

ARAHKATA – Kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Laporan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), diketahui jumlah suspek virus corona, Sabtu 30 Januari 2021 menjadi 74.985. Total angka terkonfirmasi 1.066.313, naik 14.518.

Meski begitu, jumlah pasien yang sembuh juga ikut bertambah yaitu 862.502, meningkat 10.242 orang. Dengan spesimen 70.026.

Virus corona memakan korban jiwa, 29.728 di seluruh Indonesia. Angka kematian meningkat 210. Total kasus aktif 174.083.

Di seluruh Indonesia, dari data yang didapatkan, Jawa Barat menjadi daerah dengan angka kasus tertinggi. Dilaporkan terdapat 4.601 kasus, angka kesembuhan 2.643, meninggal dunia 27 jiwa.

Baca Juga: Suara Dentuman Misterius di Tangsel Bikin Heboh Warga Tangsel

DKI Jakarta menjadi daerah dengan angka kesembuhan tertinggi di Indonesia. Diketahui jumlah pasien virus corona yang sembuh di Jakarta yaitu 3.566 pasien.

Sementara itu, Maluku Utara menjadi kasus Covid-19 terendah di seluruh Indonesia. Wilayah ini tercatat hanya memiliki 16 kasus, belum ada data pasien yang sembuh. Kasus korban jiwa akibat virus corona juga tidak ditemukan.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengikuti arahan World Health Organization (WHO) untuk menekan angka kasus Covid-19. Salah satunya, dengan mengeluarkan protokol kesehatan untuk dipatuhi. Berikut penjelasannya:

  • Hindari ruang yang tertutup, ramai atau melibatkan kontak dekat.
  • Wabah dilaporkan terjadi di restoran, tempat latihan paduan suara, kelas kebugaran, klub malam, kantor, dan tempat ibadah tempat orang berkumpul, sering kali di tempat yang ramai.
  • Pertemuan di luar ruangan lebih aman daripada di dalam, terutama jika ruangan dalam ruangan kecil dan tanpa udara luar yang masuk.
  • Buka jendela. Tingkatkan jumlah 'ventilasi alami' saat berada di dalam ruangan.
  • Jangan lupa menjaga kebersihan, mencuci tangan teratur dan menyeluruh dengan antiseptik berbasis alkohol. Ini menghilangkan kuman termasuk virus yang mungkin ada di tangan.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. Tangan menyentuh banyak permukaan dan bisa terkena virus. Setelah terkontaminasi, tangan dapat mentransfer virus ke mata, hidung, atau mulut. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh dan menginfeksi.
  • Tutupi mulut atau tisu atau hidung saat batuk atau bersin. Kemudian segera buang tisu bekas ke tempat sampah tertutup dan cuci tangan.

Risiko tertular Covid-19 lebih tinggi di ruang yang ramai dan tidak berventilasi memadai tempat orang yang terinfeksi menghabiskan waktu lama bersama dalam jarak yang berdekatan. Lingkungan adalah tempat virus tampaknya menyebar melalui tetesan pernapasan atau aerosol, jadi tindakan pencegahan sangat penting.***

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x