Giliran Kudus Ikut Tergenang Banjir, Ribuan Rumah Warga Terisolir

- 3 Februari 2021, 23:16 WIB
Banjir di Kudus
Banjir di Kudus /Dok. BNPB/ARAHKATA

ARAHKATA - Banjir besar melanda beberapa wilayah Tanah Air. Awal 2021, sudah banyak tempat di seluruh Indonesia yang tergenang banjir. Kudus, salah satunya.

Tiga Kecamatan di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa tengah terendam banjir pada Selasa, 2 Februari 2021. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus melaporkan, banjir yang merendam total 15 desa dipicu oleh hujan intensitas tinggi dengan durasi yang lama.

Adapun 15 desa yang terendam banjir adalah Desa Setrokalangan, Desa Banget, Desa Gamong, Desa Blimbing Kidul, dan Desa Kedungdowo di Kec. Kaliwungu.

Baca Juga: Tidak Berhasil Atasi Genangan Air, Walikota Tangerang Akan Evaluasi Drainase dan Rumah Pompa

Sedangkan tiga desa di Kecamatan Jati meliputi Desa Jati Wetan, Desa Jati Kulon Kencing, dan Desa Pasruhan Lor.

Tujuh desa lainnya adalah Desa Kesambi, Desa Mejobo, Desa Golantepus, Desa Payaman, Desa Gulang, Desa Hadiwarno, dan Desa Tenggeles yang berada di Kecamatan Mejobo.

Total 4.552 KK atau 10.672 jiwa terdampak banjir tersebut. 1.200 jiwa di antaranya yang berada di Desa Pasuruhan Lor terisolir akibat jalan yang terendam.

Baca Juga: Musim Hujan Datang, Ini Barang yang Wajib Dibawa Guys

BPBD setempat melaporkan banjir yang terjadi juga berdampak pada 3.244 unit rumah. 2.500 meter jalan desa juga ikut terendam.

Kondisi saat ini, tinggi mata air berada di 15 sampai 150 sentimeter. Untuk beberapa titik, air sudah mulai surut antara 10 sampai 15 sentimeter.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x