Ondel-ondel di Kecamatan Cipondoh Dipakaikan Masker, Ada Apa Ya?

- 3 Februari 2021, 19:23 WIB
Ondel-ondel mengenakan masker untuk menggalakkan kesadaran warga menerapkan protokol kesehatan
Ondel-ondel mengenakan masker untuk menggalakkan kesadaran warga menerapkan protokol kesehatan /Arahkata/

ARAHKATA- Cara unik dilakukan pihak Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang untuk menggalakkan kesadaran warga menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya dengan memakaikan masker kepada ondel - ondel yang dinamai Bang Cipon dan Mpom Doh ini.

Camat Cipondoh Rizal Ridhollah mengatakan, alasannya menggenakan masker pada ondel - ondel bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan menekan penyebaran wabah covid 19. Terlebih wilayah tersebut telah masuk kedalam zona orange.

"Kita gunakan ondel ondel buatan pengrajin dari wilayah ini selain sebagai bahan edukasi kepada warga akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan, juga sebagai sarana untuk mempromosikan kebudayaan betawi yang berada disini," ujarnya ketika ditemui arahkata.com, Rabu 3 Februari 2021.

Baca Juga: Melihat Fungsi Seni Budaya di Masa Pandemi dari Sudut 'PULIH'

Rizal menjelaskan, pihaknya menyediakan dua warna pakian bagi ondel ondel. Earna biru dan kuning digunakan untuk menyambut HUT Kota Tangerang ke -28 serta merah dan putih untuk memperingati hari kemerdekaan republik Indonesia.

Selain itu, mantan Kepala Bidang Pariwiwata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkot Tangerang ini juga menerapkan penggunaan pakaian adat nusantara bagi pegawainya setiap hari Rabu dalam rangka menyambut HUT Kota Tangerang yang akan berlangsung akhir Februari mendatang.***

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x