Ketua DPD RI Minta Pemda Segera Tangani Banjir Melalui Analisis

- 8 Februari 2021, 13:47 WIB
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti (baju putih) saat melakukan lawatan/facebook
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti (baju putih) saat melakukan lawatan/facebook /

ARAHKATA - Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah, diterjang banjir yang cukup besar jika dibandingkan dengan banjir sebelumnya. Melihat perkembangan banjir yang menerjang Kota Semarang, Ketua DPD RI menanggapi bencana tersebut, yang diketahui telah merenggut banyak korban dan melumpuhkan bandara A Yani, Semarang pada, Minggu 7 Februari 2021.

Dilansir dalam Facebook Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengatakan, Pemerintah Derah (Pemda) harus cepat tanggap terhadap bencana saat ini termasuk juga sudah harus bisa mengantisipasi dan mencari penyebab terjadinya bencana.

"Yang ada, pemerintah sering gagap dalam menangani masalah bencana. Akibatnya bukan menyelesaikan masalah, justru menyisakan masalah lain dalam setiap penanganannya. Hal ini yang kembali terjadi di Kota Semarang. Bencana kembali datang dan memakan korban serta terdampak hingga ke Bandara," katanya, (7/2).

Baca Juga: Semarang Banjir, Netizen: Stay Safe untuk Semua!

Selain itu, Senator asal Jawa Timur ini juga ingin Pemda melakukan Pemetaan Derah yang sering terjadi bencana lengkap dengan langkah antisipasinya.

"Kita berharap pemerintah daerah melakukan root cause analysis mengenai masalah banjir. Root cause analysisa dalah langkah menggali permasalahan secara menyeluruh mengenai banjir kemarin," terangnya.

Tidak itu saja, Ketua DPD RI juga meminta Pemda mampu merumuskan Analyze cause Endeffect Relationship.

"Harus dicari tahu mengapa banjir terjadi dan apa relasi yang didapatkan. Hal ini harus dilakukan supaya semua menjadi evaluasi pembangunan kota. Dan ini juga bisa menjadi landasan bagi pemerintah daerah dalam menetapkan RT RW," ujarnya.

Baca Juga: Landasan Pacu Terendam Banjir, Tujuh Penerbangan di Bandara Semarang Ditunda

Halaman:

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x