PMI Kota Bekasi Bersama Wali Kota Bekasi Resmikan Pelayanan Unit Donor Plasma Darah Konvalesen

- 12 Februari 2021, 14:00 WIB
Tangkapan layar video peresmian / facebook/ @humaskotabekasi
Tangkapan layar video peresmian / facebook/ @humaskotabekasi /

ARAHKATA – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi, Ade Puspitasari bersama Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, meresmikan Pelayanan Unit Donor Plasma Darah Konvalesen yang diperuntukkan bagi masyarakat penyintas Covid-19 di Kota Bekasi, 11 Februari 2021.

Dalam acara tersebut, Ade Puspitasari berharap dengan hadirnya unit tersebut, masyarakat yang pernah terpapar Covid-19 tidak segan mendonorkan darahnya untuk para pasien Covid-19 sehingga dapat membantu dalam penanganan Covid-19.

“Saat ini, mereka yang sedang berjuang melawan Covid-19 membutuhkan pelayanan yang cepat dan terjangkau. Dengan hadirnya unit ini yang berada di PMI Kota Bekasi dengan akses yang mudah, nantinya setiap penyintas dapat mendonorkan Plasma Konvalesen serta mempunyai sumbangsih besar terhadap kehidupan,” harapnya dilansir dari laman facebook Humas Kota Bekasi.

Baca Juga: Apa itu PPnBM, dan Barang Apa Saja yang Termasuk? Simak Penjelasannya!

Plasma Konvalesen berguna untuk terapi penyembuhan bagi mereka yang positif Covid-19 dengan cara penyintas Covid-19 mau di ambil darahnya dan menjadi pendonor karena sudah membentuk antibodi.

Dengan terobosan terbarunya, PMI Kota Bekasi meluncurkan motor unit donor darah dimana petugas dapat datang langsung kerumah-rumah pendonor, sehingga bisa melakukan donor dirumah penyintas Covid-19.

Berikut kategori pendonor bagi penyintas Covid-19 sebagai berikut:

  • Pernah terkonfirmasi Covid-19 bergejala sedang hingga berat dan dinyatakan sembuh.
  • Wanita yang belum pernah hamil.
  • Usia 18-60 Tahun.
  • Berat badan minimal 55 KG.
  • Tidak menderita Hepatitis B, Hepatitis V, Sifilis dan HIV/AIDS.

Baca Juga: KPPN Apresiasi Gerak Cepat Pemkab Sinjai Laksanakan DAK Fisik 2021

Rahmat Effendi menambahkan, dengan adanya Pelayanan Unit Donor Plasma Darah Konvalesen yang diberikan PMI menjadi harapan angka kesembuhan COVID-19 meningkat.

Halaman:

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x