Tokoh Pariwisata Indonesia, I Gede Ardika Berpulang

- 21 Februari 2021, 22:08 WIB
I Gede Ardika, Mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata meninggal dunia, Sabtu 20 Februari 2021.
I Gede Ardika, Mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata meninggal dunia, Sabtu 20 Februari 2021. /Twitter.com/@sandiuno

ARAHKATA – Dunia Pariwisata kembali berduka salah satu Menteri Kebudayaan dan Pariwisata ke-8 I Gede Ardika tutup usia pada, 20 Februari 2021 sekitar pukul 07.46 WIB, almarhum disemayamkan di rumah duka RS St. Borromeus, Bandung.

I Gede Ardika dikenal sebagai Tokoh Dunia Pariwisata Tanah Air pernah menjabat sebagai  Menteri Kebudayaan dan Pariwisata untuk dua kabinet, yakni Kabinet Persatuan Nasional di bawah Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sejak 2000 hingga 2001 dan Kabinet Gotong Royong di bawah Presiden Megawati Soekarnoputri dari 2001 sampai 2004.

Sehingga, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas berpulangnya I Gede Ardika.

Baca Juga: Selain Pulau Komodo, Ini Keindahan Pantai Mulut Seribu di NTT

"Saya atas nama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan rasa duka yang mendalam atas kepergian Bapak I Gede Ardika, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata periode tahun 2000-2001 dan periode 2001-2004, berpulangnya Bapak I Gede Ardika adalah kehilangan besar bangsa ini," katanya.

Tidak Hanya Bali, keinginan I Gede Ardika menjadikan Indonesia sebagai destinasi pariwisata yang berkualitas. Sehingga Ardika memiliki pandangan yang luas dan kuat tentang kepariwisataan berkelanjutan dalam praktik pembangunan nasional.

I Gede Ardika berkelahiran di Singaraja, Bali pada 15 Februari 1945 itu saat menjabat sebagai Menteri Kebudayaan dan Pariwisata dibawah kepemimpinannya sangat memiliki pondasi yang kuat berdasarkan khazanah budaya dan kekayaan alam.

Baca Juga: Intip 5 Bangunan Peradaban Sejarah di Semarang

Sandiaga Uno pun mengatakan bahwa hal tersebut sudah tertuang dalam buku yang berujul "Pariwisata Berkelanjutan, Rintis Jalan Lewat Komunitas" yang diluncurkan pada tahun 2008.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x