Simak! BMKG Prediksi Hujan Ekstrem Terjadi di Wilayah Ini

- 24 Februari 2021, 21:10 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem /Istimewa/

ARAHKATA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap adanya siklon tropis yang berdampak hujan lebat hingga ekstrem di sebagian wilayah Indonesia.

BMKG meminta masyarakat khususnya di wilayah DKI Jakarta, Jawa Tengah, hingga Jawa Barat waspada potensi hujan ekstrem yang terjadi mulai malam ini hingga besok.

Baca Juga: Sidak Tes Urine, Personel Polres Sinjai Dinyatakan Negatif Narkoba

Dilansir Arahkata dari Kanal Youtube BMKG, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, bahwa yang perlu diwaspadai adalah adanya siklon tropis yang dapat berdampak secara tidak langsung. 

"Berdampak secara tidak langsung mengakibatkan intensitas hujan lebat hingga ekstrem, ekstrem di sini lebih dari 150 mm per jam," katanya, Rabu 24 Februari 2021.

Dwikorita memprediksi hujan ekstrem akibat siklon tropis ini terjadi mulai malam nanti hingga Kamis, 25 Februari besok.

"Yang perlu diwaspadai dampak ini tidak terbatas terjadi di Jabodetabek saja, tetapi dampak ini hampir merata atau merata terutama di Banten, yaitu statusnya siaga banjir atau banjir badang," ucapnya.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Imunitas Tubuh dari Pancaroba

Kemudian, Dwikorita juga menambahkan DKI Jakarta berstatus siaga mulai 25 Februari. Pada tanggal tersebut adanya hujan intensitas lebat dan ekstrem yang diprediksi akan terjadi malam ini dan dini hari secara terus menerus.

"Jadi saya ulangi, dampak ini dapat berupa hujan lebat atau ekstrem yang mulai turun malam hari atau dini hari nanti pukul 00.00 WIB, dan berlanjut beberapa jam hingga besok pagi dan masih menerus siang, sore, dan malam hari," terangnya.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x