Kisah Perjalanan Kereta Api yang Panjang Sejak Awal 1800-an

- 1 Maret 2021, 18:56 WIB
Stasiun KA Pangandaran tempo dulu.
Stasiun KA Pangandaran tempo dulu. /

ARAHKATA- Kereta api ternyata memiliki sejarah panjang dengan rentang dua ratus tahun terakhir peradaban manusia modern. Kereta api dianggap sebagai penemuan luar biasa yang mengubah industri secara drastis, ekspansi manusia, dan cara kita bepergian setiap hari.

Dikutip dari berbagai sumber, pertama kali kereta uap berguling di atas rel pada awal industri Inggris di tahun 1800-an. Seiring perkembangan zaman da teknologi, kereta api makin canggih hingga dengan kecepatan peluru membawa ribuan penumpang.

Kereta api dimulai dengan desain yang lebih sederhana dan lebih lambat. Bahkan sebelum mesin uap tiba, peradaban kuno Yunani dan Mesir serta industri Eropa (1600-an sampai1800-an) menggunakan kuda sebagai sumber utama penggerak gerbong kereta sederhana. Dengan rel kereta yang dibangun dengan sengaja yang memungkinkan perjalanan hanya dalam dua arah, kuda atau banteng perlu membuang sedikit tenaga saat menarik batu bara, besi, dan barang lainnya.

Baca Juga: Sejarah Kereta Api di Indonesia, Transportasi Massal Favorit Jutaan Masyarakat

Kedatangan mesin uap bertekanan non-kondensasi pertama dalam beberapa tahun pertama abad ke-19 memungkinkan para insinyur untuk membangun sistem rel kereta api dan gerbong jenis baru - kereta yang dibangun untuk membawa lebih banyak material daripada sebelumnya.

Fakta Sejarah

1. Kereta api pertama muncul pada tahun 1804. Kereta ini berhasil menarik 25 ton material besi dan 70 orang menempuh jarak 10 mil.

2. Selama perjalanan sejarah kereta api digerakkan oleh uap, listrik dan bahan bakar diesel (meskipun salah satu kereta paling awal di AS digerakkan oleh kuda yang berjalan di atas treadmill).

Baca Juga: Wow.. Reaktivasi Rel KA Banjar-Pangandaran Bakal Habiskan Rp1 Triliun

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x