Petani Sumenep akan Diberdayakan jadi Penghasil Porang

- 4 Maret 2021, 23:00 WIB
Achmad Iskandar, Anggota DPRD Jawa Timur dapil XIV hadiri edukasi tanaman porang
Achmad Iskandar, Anggota DPRD Jawa Timur dapil XIV hadiri edukasi tanaman porang /Adi Suprayitno/ARAHKATA

ARAHKATA - Masyarakat Kabupaten Sumenep, khususnya Desa Cangkreng, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep yang kesehariannya sebagai petani akan diberdayakan menjadi penghasil tanaman porang. Mengingat tanaman porang memiliki nilai jual tinggi, dan perawatannya mudah.

Keseriusan untuk memberdayakan petani Sumenep itu, Anggota DPRD Jawa Timur dapil XIV (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep), Achmad Iskandar menghadirkan salah satu penggiat tanaman porang di Desa Cangkreng untuk memberi edukasi tentang porang, mulai cara penanaman, hingga pemasarannya.

Dengan begitu, masyarakat mempunyai penghasilan tambahan di tengah pandemi covid-19.

Baca Juga: Cemburu Tanda Bukti Cinta pada Pasangan, Benarkah?

Iskandar menilai saat ini porang bisa menjadi tanaman alternatif pengganti tembakau pada tanah yang dianggap tidak produktif, sehingga mempunyai nilai ekonomis.

“Yang penting mereka mendapat solusi untuk mendapatkan penghasilan,” kata politisi asal Partai Demokrat tersebut di sela-sela jarring aspirasi di Desa Cangkreng, Rabu 3 Maret 2021.

Pria yang menjabat sebagai wakil Ketua DPRD Jatim itu mengaku siap menfasilitasi masyarakat berupa edukasi, mulai dari penanamannya, pemeliharaannnya hingga pemasaran. Seperti halnya ekspor.

“Ketika berhubungan dengan masyarakat kenapa tidak kita fasilitasi,pasti kita fasilitasi,” paparnya.

Baca Juga: Jangan Tergesa-gesa Daftar Kartu Prakerja Gelombang 13, Ini Sebabnya!

Sementara terkait aspirasi kelangkaan pupuk, Iskandar menegaskan bahwa hal tersebut merupakan permasalahan yang komplek. Untuk itu, DPRD akan berkomunikasi dengan Dinas Pertanian.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x