IWD 2021, Facebook Terus Kampanyekan Peran Perempuan yang Makin Luas

- 9 Maret 2021, 15:44 WIB
Ilustrasi social media Facebook
Ilustrasi social media Facebook /Foto pixabay

ARAHKATA - Perempuan mendominasi separuh populasi dunia dan mereka memiliki potensi untuk berkembang, menciptakan peluang baru, dan mengatasi kemiskinan. Wanita juga dikenal sebagai tombak dalam membangun generasi mendatang.

Melihat peran yang luas, International Women's Day 2021 (IWD) diperingati dengan meriah 8 Maret 2021. Perusahaan teknologi, termasuk Google mengapresiasi wanita dengan cara mereka. Google membuat Doodle bergambar yang isinya biografi wanita hebat sepanjang sejarah, termasuk Marie Curie.

Kini, Facebook juga tak mau kalah. Facebook menerukan program #SheMeansBusiness. Kegiatan tersebut telah ada sejak 2016, komitmen jangka panjang untuk mendukung pemberdayaan ekonomi perempuan dengan menyediakan pelatihan keterampilan digital dan kesempatan untuk memperdalam dan memperluas koneksi dan jaringan bisnis perempuan.

Baca Juga: Menkes Budi Gunadi Perkirakan Stok Vaksin Indonesia 90 Juta Dosis

"Tahun ini, di tahun kelima program ini berjalan, kami sepenuhnya sadar bahwa semua prestasi yang diraih dalam beberapa tahun terakhir dapat dengan mudah hilang oleh pandemi. Hal ini pula mengapa tema Hari Perempuan Sedunia tahun ini Choose To Challenge sangat relevan. Tema ini mengajak kita untuk menantang dan melawan bias gender dan ketidakadilan," tulis Facebook dalam keterangan resminya yang diterima arahkata.com, Selasa 9 Maret 2021.

"COVID-19 secara tidak adil berdampak pada perempuan di seluruh dunia, penelitian menunjukkan bahwa mereka lebih cenderung memikul tanggung jawab untuk merawat anggota keluarga, lebih mungkin kehilangan pekerjaan atau mengalami pemotongan gaji, dan lebih cenderung merasa kewalahan, stres atau gelisah," lanjutnya.

Facebook juga menyampaikan, pihaknya bermitra dengan beberapa lembaga untuk mempelajari kesetaraan gender di rumah dan di tempat kerja selama Covid-19.

Baca Juga: Menlu Retno Sambut 1,1 Juta Vaksin AstraZeneca Ke Indonesia

"Kami bermitra dengan beberapa lembaga untuk mempelajari kesetaraan gender di rumah dan di tempat kerja selama Covid-19 dengan masukan dari World Bank Group, UN Women, Ladysmith Collective, dan EqualMeasures2030. Lebih dari 460.000 orang di Facebook di lebih dari 200 negara berpartisipasi dalam survei ini, yang meneliti tentang akses yang dimiliki perempuan dan laki-laki terhadap sumber daya, waktu yang mereka habiskan untuk pekerjaan tanpa upah, dan sikap mereka tentang kesetaraan," tulis Facebook.

Halaman:

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x