Cuaca Ekstrim Masih Berpotensi Terjadi Hingga Akhir Maret

- 12 Maret 2021, 04:00 WIB
ILUSTRASI Cuaca. Peringatan Dini BMKG, Cuaca Ekstrem dan Awan Hujan Selimuti sebagian Besar Wilayah Indonesia.*
ILUSTRASI Cuaca. Peringatan Dini BMKG, Cuaca Ekstrem dan Awan Hujan Selimuti sebagian Besar Wilayah Indonesia.* // /Pixabay.com/Pexels

ARAHKATA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan berakhir pada akhir Maret mendatang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan resminya mengatakan, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer-laut dari BMKG menunjukkan fenomena La Nina masih dapat berlangsung hingga Mei 2021 mendatang dengan intensitas lemah hingga normal.

Kondisi tersebut masih dapat berkontribusi pada peningkatan massa udara basah dan lembab di sekitar wilayah Indonesia.

Baca Juga: Mandi Bersama di Kebun Sawit, 16 Anggota Aliran Sesat Ini Diciduk

"Saat ini fenomena Monsun Asia masih cukup aktif yang mengakibatkan aliran massa udara dari wilayah Belahan Bumi Utara (BBU) masih dapat berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan terutama di wilayah Indonesia bagian barat," ungkap Guswanto, Kamis 11 Maret 2021.

Dia menjelaskan, Monsun Asia mulai memasuki periode pelemahan pada akhir Maret 2021 yang mengindikasikan bahwa periode puncak musim hujan di sebagian wilayah Indonesia mulai berakhir.

Sehingga, dapat dikatakan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode peralihan dari musim hujan ke musim kemarau mulai akhir Maret 2021.

Salah satu ciri umum kejadian cuaca saat periode peralihan musim adalah adanya perubahan kondisi cuaca yang relatif lebih cepat.

Baca Juga: Tips Mengatasi Hidung Tersumbat, No.7 Bikin Enak!

Di mana pada pagi hingha siang hari umumnya cerah-berawan dengan kondisi panas cukup terik yang diikuti dengan pembentukan awan yang signifkan dan hujan intensitas tinggi dalam durasi singkat yang secara umum dapat terjadi pada periode siang-sore hari.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x