BKKBN Adakan Pelatihan Pendataan Keluarga 2021 di Kelurahan Tugu Cimanggis Depok

- 28 Maret 2021, 13:33 WIB
Pelatihan strategi pendataan keluarga di Kelurahan Tugu, Cimanggis Depok.
Pelatihan strategi pendataan keluarga di Kelurahan Tugu, Cimanggis Depok. /Dok: Kelurahan Tugu, Cimanggis Depok.

ARAHKATA - Pendataan Keluarga tahun 2021 menjadi program nasional BKKBN karena dilaksanakan pada awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2021-2024.

Pendataan Keluarga merupakan kegiatan lima tahunan BKKBN untuk mendapatkan data keluarga Indonesia, meliputi pengumpulan data primer, yaitu data kependudukan dan Keluarga Berencana (KB), melalui kunjungan ke keluarga dari rumah ke rumah.

Pendataan Keluarga tahun 2021, BKKBN juga akan memasukkan indikator baru yang digunakan untuk mengukur Indeks Pembangunan Keluarga.

Baca Juga: Bom di Depan Gereja Katedral Makassar, Ini Kata Polisi

Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjawab kebutuhan data dan informasi keluarga untuk kepentingan penyusunan program dukungan atau intervensi oleh pemerintah, dan mengakomodir kebutuhan sektor lain, khususnya dalam upaya mendukung pengembangan SDM Indonesia, serta pengentasan keluarga dari kemiskinan, dan ketertinggalan.

Hal tersebut sesuai dengan Undang-undang No. 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, yang diperkuat dengan Peraturan Pemerintah No. 87 Tahun 2014 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga dan Keluarga Berencana.

Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok Nessi Annisa Handari siap melakukan Pendataan Keluarga (PK) di tahun ini. Pendataan tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah pada tanggal 1 April - 31 Mei 2021.

Guna mendukung Pendataan Keluarga 2021, Nessi menambahkan pihaknya telah mengadakan orientasi bagi kader yang bertugas untuk melakukan pendataan.

Baca Juga: Benarkah Jarang Unggah Foto Mesra di Media Sosial Potensi Lebih Bahagia?

Halaman:

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x