Stok Pangan di Kota Pekalongan Aman Saat Pademi COVID-19

- 2 Juli 2021, 02:21 WIB
Ilustrasi bahan pangan
Ilustrasi bahan pangan /Pixabay

ARAHKATA - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan terus berusaha memenuhi kebutuhan pangan masyarakat saat masa pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Zainul Hakim mengatakan sampai saat ini ketersediaan bahan pangan tercukupi.

"Memang produk pertanian baik dalam bentuk tumbuhan maupun hewan sebagian mendapatkan penyaluran dari daerah tetangga, seperti Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya," kata Hakim pada, 1 Juli 2021.

Baca Juga: Kabupaten Bekasi Ikuti Aturan Perayaan Idul Adha 2021

Karena penyaluran yang diberikan tersebut cukup memadai, untuk diketahui ketersediaan nilai pangan memang dimulai dari tumbuhan, hewani, minyak, biji, sayur dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, Walikota juga memiliki program untuk membatu ketersediaan bahan pangan agar tetap aman.

"Ditengah pandemi ini untuk menjamim ketersediaan bahan pangan, telah ada program kelurahan menanam. Dimana hal yang diharapkan Walikota Pekalongan bukan sekedar penghijauan, tapi ada manfaat lain seperti mencegah stunting serta menambah nilai jual hasil panen tanaman yang ditanam," ucap Hakim.

Baca Juga: PPKM Darurat, Resepsi Pernikahan Hanya Boleh Dihadiri 30 Orang

Untuk diketahui juga dari tahun 2020 telah mendapati hasil Pola Pangan Harapan (PPH) Kota Pekalongan mencapai 83,00 dari nilai idealnya 100 dibandingkan dengan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) selisih 5 skor dengan mencapai 88,00 sehingga sudah baik di tingkat nasional.***

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah