Gebrakan Jenderal Andika Soal Tes Keperawanan TNI AD

- 12 Agustus 2021, 20:11 WIB
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa disebut media Inggris beri sinyal hentikan tes keperawanan.
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa disebut media Inggris beri sinyal hentikan tes keperawanan. /Instagram.com/@tni_angkatan_darat

ARAHKATA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa membuat gebrakan soal tes keperawanan di Korps TNI Wanita Angkatan Darat (Kowad).

Selama ini tes keperawanan di lingkungan TNI itu selalu menjadi polemik.

Melihat kondisi demikian, Jenderal Andika memutuskan untuk menghilangkan aturan tes keperawanan dalam proses rekrutmen di institusinya.

Baca Juga: Aturan Perkantoran Selama PPKM Level 4 Jakarta

Ia mengatakan, revisi aturan tersebut merupakan bagian dari penyempurnaan proses rekrutmen personel TNI AD, khususnya di bidang kesehatan.

'Tujuannya lebih ke bagaimana, untuk kesehatan, satu menghindari satu insiden yang menghilangkan nyawa. Jangan sampai dia mengalami insiden saat sedang menjalani latihan," ucap KSAD Andika dalam video yang diterima redaksi pada Rabu, 11 Agustus 2021.

Baca Juga: Sariawan Saat COVID-19? Yuk Hilangkan dengan Cara Ini!

Ia juga menyebut ada alasan lain terkait penghapusan tes keperawanan, yakni untuk menghindari penularan penyakit, serta infeksi serius yang kemudian menyebabkan kegagalan organ saat latihan.

Saat ini, TNI AD tidak ada lagi melakukan pemeriksaan vagina dan serviks melainkan hanya pemeriksaan genitalia luar.

Baca Juga: Diberlakukan Kembali, Kendaraan Ini 'Kebal' Sistem Ganjil Genap

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x