Menteri KKP Resmikan Kampung Budidaya Patin Banten

- 21 Agustus 2021, 12:00 WIB
Potret Menteri KKP meresmikan Kampung Budidaya Patin Cisilad
Potret Menteri KKP meresmikan Kampung Budidaya Patin Cisilad /tangkapan layar pada kanal YouTube Kementerian Kelautan dan Perikanan

ARAHKATA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Satria Wahyu Trenggono, telah meresmikan Kampung Budidaya Patin Cisilad pada Kamis, 19 Agustus 2021.

Kampung Budidaya Patin Cisilad, terletak di Desa Prabugantungan, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Program pembangunan kampung budidaya perikanan ini merupakan terobosan dari Kementerian Perikanan dan Kelautan yang berbasis kearifan lokal yang akan digalakan hingga tahun 2024 nanti.

Baca Juga: Menlu dan Panglima TNI sambut Kedatangan WNI dari Afghanistan

Program ini diharapkan bisa sebagai penciptaan dan penyerapan tenaga kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta upaya menjaga kepunahan dan keberlanjutan hidup ikan-ikan lokal di Indonesia.

“Karena saya ingin ini (budidaya ikan) nanti menjadi model pedalaman, salah satunya tidak jauh dari Jakarta dan ini menjadi bagian dai pengentasan kemisikinan,” kata Satria.

Di Kampung Budidaya Patin Cisilad, terdapat 196 kolam ikan yang memakan lahan seluas 15 Hektar,e dengan jumlah bibit ikan secara keseluruhan mencapai 3 juta bibit.

Baca Juga: BMKG Minta Warga Jakarta Selatan dan Timur Waspada Hujan Petir

Dalam peresmian ini, Satria menebar sendiri 11.000 bibit ikan dikolam Kampung Budidaya Patin Cisilad.

“Tapi saya kira, begitu ada yang berhasil dengan baik mereka akan secara otomatis, secara alami akan ikut, dan itu akan kita bantu agar kemudian supaya masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam memulai budidaya,” ujar Satria.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x