Menlu dan Panglima TNI sambut Kedatangan WNI dari Afghanistan

- 21 Agustus 2021, 11:49 WIB
Evakuasi WNI di Afghanistan, Menlu dan Panglima TNI sambut di Bandara Udara Halim Perdana Kusuma.
Evakuasi WNI di Afghanistan, Menlu dan Panglima TNI sambut di Bandara Udara Halim Perdana Kusuma. /Antaranews/

ARAHKATA - Kondisi Afghanistan yang semakin mengkhawatirkan akibat penguasaan kelompok Taliban membuat Pemerintah Indonesia memutuskan untuk mengevakuasi warganya.

Pada Sabtu, 21 Agustus 2021, Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Kabul, Afghanistan tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Sebanyak 26 orang WNI dievakuasi menggunakan pesawat Militer milik TNI Angkatan Udara (AU).

Baca Juga: 26 WNI Berhasil Dievakuasi dari Afghanistan, Menlu: Alhamdulillah

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi serta Panglima TNI turut hadir untuk menyambut kedatangan para WNI dari Afghanistan tersebut.

Selain itu, juga telah dipersiapkan tenaga medis yang memakai baju APD lengkap, untuk melakukan pemeriksaan kepada WNI sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19 yang ada.

Pada kesempatan yang sama, melalui konferensi pers Retno mengungkapkan evakuasi telah dirancang selama beberapa hari dengan prinsip kehati-hatian dan Low Key.

Baca Juga: Cara Pakaian Wanita Afghanistan Akan Diputuskan Oleh Dewan Ulama Islam

“Awalnya, evakuasi direncanakan menggunakan pesawat sipil. Namun demikian, di tengah jalan rencana tersebut harus kita sesuaikan karena kondisi lapangan yang berubah, setelah berkoordinasi dengan Panglima TNI diputuskan evakuasi menggunakan pesawat militer,” ujarnya.

Retno juga menjelaskan jika pesawat TNI angkatan udara, berangkat pagi hari dari Jakarta melalui Bandara Halim Perdana Kusuma pada 18 agustus 2021.

Baca Juga: Taliban Bicara Nasib Afghanistan dalam Siaran Langsung, Begini Katanya!

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x