Vaksin Johnson and Johnson Akan Masuk Indonesia, Cuma Satu Kali Dosis

- 27 Agustus 2021, 10:35 WIB
Ilustrasi Vaksin. Berikut ini merupakan jadwal vaksinasi di Kota Bekasi periode 28 Agustus -7 September 2021 dengan vaksin Pfizer.
Ilustrasi Vaksin. Berikut ini merupakan jadwal vaksinasi di Kota Bekasi periode 28 Agustus -7 September 2021 dengan vaksin Pfizer. /Pixabay/

ARAHKATA - Kabar beredar bahwa vaksin Johnson and Johnson akan datang ke Indonesia bulan depan.

Vaksin Johnson and Johnson ini diketahui hanya diberikan dalam satu dosis. Perusahaan dari vaksin tersebut mengatakan booster vaksin tengah dipertimbangan.

Dari hasil studi interim atau analisis awal, booster vaksin COVID-19 yang diberikan mampu meningkatkan antibodi secara signifikan.

Baca Juga: Perhatian! Indonesia Belum Boleh Kirim Jamaah Umrah

Dosis booster vaksin ini yang berarti dosis kedua vaksin, setidaknya memberikan antibodi sembilan kali lebih tinggi dalam 28 hari setelah menerima dosis pertama, kata perusahaan itu dalam rilis mereka.

Tidak seperti neutralising antibodies yang menghancurkan virus, binding antibodies menempel pada virus tetapi tidak menghancurkannya atau mencegah infeksi.

Mereka memperingatkan sistem kekebalan tubuh sehingga sel darah putih mendapat sinyal untuk menghancurkan virus.

Baca Juga: Pegawai Rutan Cilodong Depok Dites Urine, Ternyata Inilah Hasilnya!

Menurut perusahaan Johnson and Johnson, penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam respons antibodi pada peserta berusia 18-55 tahun dan pada mereka yang berusia 65 tahun ke atas yang menerima dosis booster lebih rendah.

Ringkasan studi sedang dikirimkan ke server pracetak MedRxiv sebelum peer review.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah