Beri Sambutan, Menkominfo: Selamat Berkonvensi Pranata Humas Indonesia

- 30 Agustus 2021, 13:00 WIB
Menteri Telekomunikasi dan Informatika, Jhonny G Plate.*
Menteri Telekomunikasi dan Informatika, Jhonny G Plate.* /Dok. Kominfo/

ARAHKATA - Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G Plate memberikan sambutan pada Konvensi Pranata Humas yang dilaksanakan secara virtual di Jakarta pada Senin, 30 Agustus 2021.

Dalam kesempatan ini, Menkominfo menyampaikan, bahwa Pranata Humas merupakan pejabat fungsional yang ada di setiap lembaga pemerintah dan memiliki peran penting dalam memperkuat komunikasi publik.

Disebut fungsional karena Pranata Humas mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, wewenang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan informasi dan kehumasan.

Baca Juga: PTM Dimulai di Jakarta, Begini Aturan Lengkapnya!

“Begitu krusialnya peran Pranata Humas agar kebijakan dan program pembangunan dapat diterima, dipahami, dan dirasakan kehadirannya oleh masyarakat. Seperti yang dikatakan Presiden Jokowi, tidak sekedar sent, tapi delivered,” ucap Jhonny.

Oleh karena itu, Jhonny mendorong setiap Pranata Humas untuk mengasah kemampuan dan potensi diri dengan berjejaring dan berkolaborasi hal ini bisa dilakukan dengan langkah sederhana dan konsisten.

“Rahasia untuk maju adalah memulainya. Dari hal sederhana, jika konsisten dilakukan akan menjadi besar dampaknya. Perkuat komunikasi publik mulai dari instansi kita sendiri,” katanya.

Baca Juga: PT KAI Terapkan Sistem Boarding Ticketing PeduliLindungi di Stasiun Ini

Selain itu, peran komunikasi dan humas pemerintah sangat penting untuk mensosialisasikan pesan positif dan prestasi kepada publik agar terbangun kepercayaan dan reputasi negara dan lembaga.

“Keberhasilan pemerintah tidak hanya diukur melalui pembangunan fisik dan pertumbuhan ekonomi, tapi kepercayaan publik terhadap pemerintah juga. Pembangunan fisik dan pertumbuhan ekonomi yang dapat dipahami dan dirasakan oleh publik, itulah yang menumbuhkan keyakinan publik bahwa kita tidak sedang diam saja,” ujar Jhonny.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x