Kunjungi Sungai Martapura, Sandiaga Ingin Jadikan 'Waterfront' Indonesia

- 3 September 2021, 17:07 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno sedang memegang udang galah di desa wisata sungai di Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Menparekraf Sandiaga Uno sedang memegang udang galah di desa wisata sungai di Banjarmasin, Kalimantan Selatan /Instagram/@sandiuno

ARAHKATA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, mengunjungi salah satu sungai yang ada di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sungai tersebut yakni sungai Martapura, dalam kesempatan tersebut, Sandiaga mengatakan, Banjarmasin yang dijuluki "Kota Seribu Sungai" memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan wisata sungai dengan konsep waterfront seperti di Istanbul, Turki dan Bangkok, Thailand.

"Banjarmasin ini adalah Kota Seribu Sungai. Jadi sungai ini harus kita gunakan sebagai beranda kita," ucap Sandiaga, Kamis 2 September 2021.

Baca Juga: Beri Apresiasi Pemerintah Aceh, Mensos: Saya Bersyukur Mereka berani

Sandiaga berupaya mengembangkan potensi wisata sungai di Banjarmasin, pihaknya memberikan dukungan terhadap program Martapura Bungas.

Program yang dicetuskan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan ini merupakan program revitalisasi dan meningkatkan kualitas air sungai dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021.

"Ini kita dukung, karena tidak terlalu banyak kota di Indonesia yang mempromosikan sungai sebagai daya tarik utamanya. Jadi untuk wisata sungai ini yang akan kita kedepankan," kata Sandiaga.

Baca Juga: Telan Biaya Triliunan, Jokowi Resmikan Bendungan Way Sekampung

Sandiaga mengatakan, dari segi atraksi, Banjarmasin memiliki pasar terapung yang menarik dan unik untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Maka dari itu, ia pun akan mendorong pola perjalanan menggunakan perahu di sepanjang Sungai Martapura dan Sungai Barito yang melintasi Banjarmasin.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x