Menkominfo Izinkan Konser Musik, Ini Kata Pakar Kesehatan

- 27 September 2021, 18:00 WIB
Ilustrasi konser musik.
Ilustrasi konser musik. /Pexels.com/Teddy Yang/

ARAHKATA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan akan mengizinkan aktivitas konser musik, resepsi pernikahan, pesta, dan festival.

Izin aktivitas berskala besar ini sebenarnya diberikan guna untuk mempercepat pemulihan ekonomi serta mewadahi produktivitas masyarakat.

Baru-baru ini, konser musik juga sudah mulai digelar di wilayah Jawa Timur. Dalam konser tersebut, pengunjung konser wajib sudah melakukan vaksinasi COVID-19, dan bagi anak usia di bawah 12 tahun yang belum divaksinasi tidak bisa mengikuti kegiatan ini.

Baca Juga: Beri Sambutan, Menkominfo: Selamat Berkonvensi Pranata Humas Indonesia

Namun, hal ini menjadi kontroversi bagi sejumlah pihak. Terlebih pakar kesehatan yang melihat kasus COVID-19 tidak bisa diprediksi kenaikannya.

"Kemarin sudah ada konser Jazz Bromo, itu izinkan karena sudah level 2, dan prokes 3 M ketat, kemudian ada tes antigen pada semua pemain dan pengunjung, dan sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi, jadi mereka yang menghadiri konser itu orang yang sudah divaksinasi," kata epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Pandu Riono, Senin 27 September 2021.

Kasus Corona di Indonesia saat ini relatif sudah terkendali dibandingkan dengan beberapa bulan yang lalu.

Baca Juga: Harumkan Nama Bangsa, Menkominfo Apresiasi Prestasi Windy Cantika Aisah

Hal ini disampaikan Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito yang mengatakan pandemi Corona di Indonesia terkendali dan asus aktif pun sudah menurun hingga menyentuh angka 1 persen.

"Kasus aktif telah menyentuh 1 persen selama 5 hari berturut-turut. Ini adalah pencapaian yang sangat baik dan buah kerja keras kita semua mengingat kita pernah mencapai 56.000 kasus dengan kasus aktif hingga 18 persen pada bulan Juli lalu," kata Wiku dalam konferensi pers BNPB, Selasa 21 September 2021 lalu.***

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x