Resmikan Jembatan Sei Alalak, Jokowi: Tahan Gempa 100 Tahun

- 22 Oktober 2021, 08:00 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan jembatan Sei Alalak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Presiden Joko Widodo meresmikan jembatan Sei Alalak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan /tangkapan layar kanal YouTube sekretariat Presiden

ARAHKATA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jembatan Sei Alalak di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Kamis 21 Oktober 2021.

Jembatan yang sepanjang 380 meter ini menghubungkan Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Barito Kuala menuju Provinsi Kalimantan Tengah.

"Alhamdulillah, Jembatan Sei Alalak telah rampung dan hari ini kita resmikan sehingga segera bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujar Jokowi dikutip Arahkata dari Kanal YouTube Sekretariat Presiden Jumat 22 Oktober 2021.

Baca Juga: Jokowi Tanam Mangrove Ditemani Dubes Negara Sahabat di Tana Tidung

Dalam kegiatannya kali ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina.

"Jembatan ini memiliki fungsi yang sangat penting sebagai jalur utama akses Kota Banjarmasin dengan berbagai wilayah di Kalimantan Selatan dan di Kalimantan Tengah," kata Jokowi.

"Sekaligus juga mengatasi kemacetan setelah Jalan Lingkar Selatan rusak hancur diterjang oleh banjir,” lanjutnya.

Baca Juga: Jabar Akan Punya Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

Selain itu, Jokowi mengungkapkan jembatan Sei Alalak yang baru diresmikan itu memakan biaya pembangunan sebesar Rp278 miliar dengan teknologi tinggi yang dapat menahan gempa hingga 100 tahun.

"Jembatan sepanjang 850 meter ini dibangun dengan dana Rp 278 miliar. Dibangun dengan teknologi tinggi tahan gempa dan diperkirakan mampu bertahan InsyaAllah sampai 100 tahun," ungkap Jokowi.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah