Pengalihan Arus Erupsi Gunung Semeru dan Putusnya Jembatan Gladak Perak

- 4 Desember 2021, 22:25 WIB
Jembatan Gladak Perak Lumajang putus akibat erupsi Gunung Semeru
Jembatan Gladak Perak Lumajang putus akibat erupsi Gunung Semeru /Tangkapan layar video warga

ARAHKATA - Gunung Semeru erupsi mengakibatkan putusnya jembatan Gladak Perak di Lumajang, Jawa Timur pada Sabtu 4 Desember 2021.

Jembatan yang terletak di Jl. Raya Dampit-Lumajang, Krajan, Jarit, Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur itu putus akibat terjangan lahar dingin erupsi Gunung Semeru.

Putusnya jembatan Gladak Perak tersebut membuat akses menuju dampit Malang via jalur ini tidak bisa diakses untuk saat ini, dan menghambat proses evakuasi warga untuk menyelamatkan dari erupsi Gunung Semeru.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Gumpalan Awan Bikin Gelap Gulita

Selain itu, informasi yang didapat dari Satlantas Polres Lumajang disebutkan bahwa petugas kepolisian pun harus mengatur pengalihan arus lalu lintas, seperti semua kendaraan dari arah malang menuju Lumajang dialihkan untuk kembali ke Probolinggo.

Kemudian, semua kendaraan dari arah Jember dialihkan lewat Probolinggo. Sementara, semua kendaraan dari Probolinggo menuju Malang dialihkan putar balik.

Selanjutnya, semua kendaraan dari (Senduro) Lumajang-Poncokusumo Kab. Malang maupun sebaliknya dialihkan untuk putar balik.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Jarak Luncur Guguran Lava Pijar Hingga 800 Meter

Diketahui, guguran awan panas Gunung Semeru mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Selain itu juga Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), guguran lava pijar teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah