Temukan Kasus Positif COVID-19 Omicron, Kemenkes: Tanpa Gejala

- 16 Desember 2021, 14:32 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin yang mengumumkan kasus Omicron pertama di Indonesia.
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin yang mengumumkan kasus Omicron pertama di Indonesia. /Tangkap layar YouTube Kemenkes RI

ARAHKATA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menemukan satu kasus positif COVID-19 varian Omicron.

Pasien positif tersebut merupakan pekerja di Rumah Sakit (RS) Wisma Atlet.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan kasus tersebut terdeteksi setelah tim kesehatan di Wisma Atlet mengambil sampel rutin dari para pekerja untuk dilakukan Whole Genome Sequencing (WGS).

Baca Juga: Alert! Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia

Dari hasil pemeriksaan, ada tiga orang pekerja pembersih RS Wisma Atlet yang terkonfirmasi COVID-19, di mana salah satunya terkonfirmasi varian Omicron.

"Pada 8 Desember sampel diambil rutin oleh tim Wisma Atlet, dikirim ke kami di Kemenkes untuk di Whole Genome Sequencing, kami terima 10 Desember dan kita lihat ada tiga pekerja pembersih di RS Wisma Atlet yang positif PCR-nya, tapi yang konfirmasi positif Omicron satu orang," kata Budi dalam keterangannya, Kamis 16 Desember 2021.

Meski demikian, ketiga pekerja pembersih yang dinyatakan positif tersebut tanpa gejala. Ketiganya juga menjalani karantina di Wisma Atlet.

Baca Juga: Dinkes Kabupaten Bekasi Nyatakan Warga Terpapar Omicron Tidak Benar

"Ketiga orang ini tanpa gejala. Jadi masih sehat, tidak ada demam, tidak batuk, mereka bertiga juga sudah dites PCR kembali karena tes PCR pertama tanggal 8 [Desember], sudah dites kembali, tes sudah negatif," tuturnya.

Di luar kasus di Wisma Atlet, Budi juga mengungkapkan pihaknya mendeteksi lima kasus kemungkinan Omicron.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x