Bangga! UNESCO Resmi Tetapkan Gamelan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

- 16 Desember 2021, 21:56 WIB
UNESCO Tetapkan Gamelan sebagai Warisan Tak Benda
UNESCO Tetapkan Gamelan sebagai Warisan Tak Benda /Instagram/@jokowi

ARAHKATA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa UNESCO sebagai badan PBB bidang pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan telah menetapkan gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage) asal Indonesia pada Rabu 15 Desember 2021 kemarin.

"Kabar baik hari ini datang dari kantor pusat UNESCO, di Paris. Badan PBB yang mengurusi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan telah menetapkan gamelan sebagai (Intangible Cultural Heritage) UNESCO", kata Jokowi dikutip Arahkata dari instagram resminya, Kamis 16 Desember 2021.

Jokowi menyebutkan bahwa gamelan telah lama menemani hari-hari rakyat Indonesia, dan sudah seharusnya dipelajari dan dikembangkan.

Baca Juga: Jatah Pinjaman UMKM di Bank Cuma 20 Persen, Jokowi: Saya Juga Sedih!

"Saya menyambut dengan hangat dan bangga atas penetapan ini. Gamelan sudah lama menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari rakyat di berbagai daerah di Indonesia, terus dipelajari, dikembangkan dan diwariskan dari generasi ke generasi", ungkap Jokowi.

Tidak hanya itu, menurut Jokowi, gamelan telah memberikan inspirasi terhadap musik di tanah air.

"Gamelan juga memberi inspirasi dan pengaruh terhadap musik dunia," ujarnya.

Baca Juga: Peringati Hari HAM Sedunia, Jokowi Sampaikan Ini

"Indonesia terus melestarikan melalui festival, pawai, pertunjukan, dan pertukaran budaya," tutur Jokowi.

Gamelan menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia ke 12 yang telah tercantum dalam daftar WBTB UNESCO setelah wayang, keris, batik, pendidikan dan pelatihan batik, angklung, tari saman, noken, tiga genre tari tradisional di Bali, seni pembuatan kapal pinisi, tradisi pencak silat dan pantun.***

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x