Heboh Delmicron, Ketua Satgas COVID-19 IDI Angkat Bicara

- 28 Desember 2021, 15:40 WIB
Ketua Satgas Covid-19 PB IDI beri penjelasan soal Delmicron
Ketua Satgas Covid-19 PB IDI beri penjelasan soal Delmicron /Pixabay/Geralt

ARAHKATA - Baru-baru ini muncul istilah Delmicron. Delmicron merupakan gabungan antara virus COVID-19 varian Delta dan Omicron.

Terkait hal itu, Pakar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sekaligus Ketua Satgas COVID-19 IDI Prof Zubairi Djoerban angkat bicara.

Ia mengatakan Delmicron bukanlah varian baru COVID-19. Sebab penamaan varian baru COVID-19 tak bisa sembarangan dan harus resmi dari Organinasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: Kabar Hoax Varian Delmicron, Berikut 3 Faktanya!

"Delmicron bukanlah varian baru dari virus corona seperti Alpha atau Beta," tegasnya dalam cuitan di Twitter pribadinya, dikutip Arahkata, Selasa 28 Desember 2021.

Prof Zubairi menambahkan Delmicron adalah istilah yang mengacu pada situasi di mana Delta dan Omicron membuat lonjakan kasus di wilayah tertentu, seperti di Amerika Serikat.

Sebagai informasi, istilah Delmicron pertama kali diutarakan oleh Dr Shashank Joshi, seorang anggota gugus tugas COVID-19 di Maharashtra, India.

Baca Juga: Geger Varian Delmicron, Ini Faktanya!

Dr Joshi dilaporkan menyinggung situasi di mana varian Delta dan Omicron secara bersamaan menyebabkan lonjakan kasus COVID-19 di wilayah tertentu. Sehingga istilah Delmicron mengacu pada situasi, bukan varian virus corona baru.

"Delmicron, lonjakan kembar Delta dan Omicron, di Eropa dan AS telah menyebabkan tsunami kecil kasus," katanya dalam debat News18, dikutip Arahkata, Selasa 28 Desember 2021.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah