Keren! Layanan 5G Akan Tersedia di Sirkuit Mandalika Tahun Depan

- 30 Desember 2021, 15:31 WIB
Tiga operator seluler telah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Kominfo untuk layanan 5G di Indonesia.
Tiga operator seluler telah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Kominfo untuk layanan 5G di Indonesia. /Instagram @indonesiabaik.id

ARAHKATA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menyiapkan layanan jaringan telekomunikasi 5G di Sirkuit Mandalika Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penyediaan layanan 5G itu untuk gelaran balap motor terbesar di dunia, yaitu MotoGP musim 2022. Kepastian itu diungkapkan langsung oleh Menteri Kominfo Jhonny G Plate.

Johnny mengatakan, jaringan 5G yang dibawa ke sirkuit jalan raya sepanjang 4,31 kilometer itu bekerja pada spektrum frekuensi di 2,3 gigaherzt (GHz) sehingga hanya berfungsi untuk beberapa jenis perangkat saja.

Baca Juga: Sering Terjadi Kesenjangan, Menkominfo Minta Hapus Layanan 3G

Pihaknya mengaku sudah berkomunikasi dengan pabrikan pembuat handheld yang beroperasi di frekuensi 2,3 GHz.

Pabrikan tersebut telah membuka software-nya sehingga jaringan 5G akan hadir untuk perangkat telepon seluler tertentu ketika gelaran MotoGP seri kedua diadakan di Mandalika.

"Sedangkan perangkat seperti Apple yang bekerja di frekuensi 2,6 GHz belum tersedia. Karena spektrumnya masih digunakan bagi kepentingan pelayanan satelit dan bukan untuk telekomunikasi," ucapnya yang dikutip Arahkata pada Kamis, 30 Desember 2021.

Baca Juga: Menkominfo Izinkan Konser Musik, Tapi Ada Syarat!

Layanan 5G ini akan ikut digelar ketika diadakan tes pramusim MotoGP, pertengahan Februari 2022 di Sirkuit Mandalika.

Uji coba layanan 5G saat pramusim MotoGP 2022 dimaksudkan untuk melihat sejauh mana kesiapan Indonesia menyiapkan sisi telekomunikasi dan informatika untuk suksesnya MotoGP di Mandalika.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x