BI Sediakan Layanan Penukaran Uang Baru, Begini Caranya!

- 5 April 2022, 11:36 WIB
LINK dan Cara Praktis TUKAR UANG TUNAI Melalui Aplikasi PINTAR Bank Indonesia, Ayo Kumpulkan Cuan!
LINK dan Cara Praktis TUKAR UANG TUNAI Melalui Aplikasi PINTAR Bank Indonesia, Ayo Kumpulkan Cuan! /Tangkap layar Instagram.com/ @bank_indonesia

ARAHKATA - Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjalani bulan suci Ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1443 Hijriah (H), Bank Indonesia (BI) menyediakan uang tunai sebesar Rp175,26 triliun.

Hal tersebut dikatakan oleh Deputi Gubernur BI, Aida Budiman.

"Jumlah tersebut naik 13,42 persen dari tahun sebelumnya," jelasnya Senin, 4 April 2022.

Baca Juga: Begini Cara Transfer Beda Bank Pakai BI Fast pada BRI, BNI, BCA, Mandiri

Menurut Aida, langkah BI tersebut juga dilakukan seiring momentum pertumbuhan ekonomi yang terus berlanjut serta untuk mengantisipasi peningkatan transaksi masyarakat sejalan dengan pandemi yang mulai terkendali.

Pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan peningkatan aktivitas masyarakat saat Ramadan dan Idulfitri diperkirakan meningkatkan aktivitas ekonomi dan pembayaran, sehingga membutuhkan peningkatan layanan sistem pembayaran tunai dan nontunai.

Adapun bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang tunai jelang Idul Fitri, BI telah mempersiapkan dua bentuk layanan, yaitu.

Baca Juga: Sambut Hari Raya Nyepi, BI Bali Hentikan Layanan Transaksi ATM

1. Penukaran uang di Perbankan, mulai 4-29 April 2022. 

BI bersinergi dengan perbankan nasional menyiapkan 5.013 titik penukaran di bank di seluruh Indonesia, bertambah 8 persen dari tahun lalu.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x