Mensos: Penyaluran BLT Minyak Goreng Rampung Sebelum Idul Fitri

- 26 April 2022, 12:41 WIB
Menteri Sosial, Tri Rismaharini
Menteri Sosial, Tri Rismaharini /Dok. Kemensos/

ARAHKATA - Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, optimistis penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng rampung sebelum Idul Fitri 1443 H/2022 M.

Saat ini penyaluran BLT tersebut sudah mencapai 98 persen.

"Akan rampung insyaallah, ini 2-3 hari akan selesai," kata Risma Senin, 25 April 2022.

Baca Juga: Jokowi Turun Langsung Bagikan BLT dan Bansos ke Ibu-ibu, Guna Tambahan Modal Kerja

Risma mengatakan meski hampir rampung, masih juga ditemukan kendala dalam penyaluran, baik karena kondisi geografis maupun data penerima.

"Kendalanya banyak, Indonesia ini kan kepulauan, kemudian ada yang di Papua jaraknya jauh, terpaksa kita terobos bagaimana bisa dibagikan, kemarin kita kirim pakai pesawat untuk mempercepat," jelasnya.

BLT minyak goreng diberikan dengan indeks Rp100.000 setiap bulan selama tiga bulan, yaitu April, Mei dan Juni 2022, yang diserahkan sekaligus pada April 2022.

Baca Juga: Pemerintah Gelontorkan Rp6,9 Triliun BLT Minyak Goreng

Sehingga, masyarakat yang memenuhi syarat akan menerima bantuan senilai Rp300 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM) yang diserahkan secara tunai melalui PT Pos Indonesia.

Kebijakan BLT minyak goreng merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk melindungi, menjaga daya beli masyarakat, terutama kelompok miskin dan rentan, sebagai landasan penting dalam upaya mendukung dan mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x