Kapolri Pastikan Macet di Gerbang Tol Merak Hingga 6 KM

- 30 April 2022, 22:06 WIB
Kemacetan di Tol Merak. Simak 10 tips mengemugi saat mudik Lebaran 2022 menggunakan teknik eco driving yang bisa menghemat penggunaan bahan bakar.
Kemacetan di Tol Merak. Simak 10 tips mengemugi saat mudik Lebaran 2022 menggunakan teknik eco driving yang bisa menghemat penggunaan bahan bakar. /Antara/Akbar Nugroho Gumay/

ARAHKATA - Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo memastikan kemacetan di Gerbang Tol (GT) Merak menuju Pelabuhan Merak mencapai 6 Kilometer.

Kisaran kemacetan itu terjadi menjelang maghrib atau saat berbuka puasa. Hal ini dituturkan oleh Kapolri saat berada di lokasi saat meninjau arus mudik 1443 Hijriah.

"H-2 ini yang kita lihat juga sudah mulai padat ekornya sudah sampai Km 94. Tapi sudah mulai bergeser. Itu artinya di dalam tol kurang lebih 4 sampai dengan 6 kilometer," kata Listyo Sigit kepada wartawan di Merak, Banten, Sabtu, 30 April 2022.

Baca Juga: Laporan Arus Mudik Bekasi 2022, Volume Pemudik Naik 2 Kali Lipat

Menurut Jenderal Listyo pihak Polri selalu membangun komunikasi dengan pihak pengelola Pelabuhan Merak, PT ASDP.

Dari koordinasi tersebut, pihak PT ASDP terus memantau pergerakan termasuk menambah kuota tambahan kapal sebanyak 44 di rute Merak sampai Bakauheni.

"Koordinasi susah kami lakukan terus. Dan tadi kata PT ASDP ada penambahan tiga armada di tiga lokasi yakni pelabuhan Indah Kiat, Pelabuhan Pelindo Ciwandan, dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya di Bojonegara Serang," ujar Sigit.

Baca Juga: Info Mudik: Jasa Marga Buka 2 Jalur Contra Flow di GT Japek

Mantan Kapolda Banten itu meyakini langkah yang diberikan oleh pihak PT ASDP bisa mengurai volume kepadatan antrean kendaraan yang masuk ke dalam Pelabuhan Merak.

"Ini semua tentunya dipersiapkan  untuk melakukan rekayasa agar mempercepat masyarakat yang antre karena kepadatan yang luar biasa untuk bisa segera dicairkan," tutur Listyo.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah