Waspada Roket Tiongkok Berukuran 30 Meter Jatuh di Sumatera, Laporkan ke BRIN

- 31 Juli 2022, 16:02 WIB
Puing-puing dari roket China akan jatuh ke Bumi dalam beberapa hari ke depan, salah satunya akan jatuh di wilayah Asia Tenggara.
Puing-puing dari roket China akan jatuh ke Bumi dalam beberapa hari ke depan, salah satunya akan jatuh di wilayah Asia Tenggara. /China Daily via Reuters

 

ARAHKATA - Sebuah roket bekas peluncuran modul stasiun antariksa Republik Rakyat Tiongkok (RRT) berukuran 30 meter dengan bobot sampah 20 ton, terpantau jatuh di Samudra Hindia di wilayah Sumatera bagian selatan dan Kalimantan Barat (Kalbar).

Sampah antariksa tersebut diperkirakan jatuh pada 30 Juli 2022, pukul 23.45 WIB.

“Sampah antariksa CZ5B, roket bekas peluncuran modul stasiun antariksa RRT diprakirakan jatuh malam ini, 30-31 Juli 2022,” kata Peneliti Senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaludin, dalam keterangan pers tertulis, dikutip ArahKata.com, Minggu, 31 Juli 2022.

Baca Juga: Simak! Ini Aturan Baru Naik Pesawat Bagi PPDN, Salah Satunya Wajib Booster

"Data malam itu menunjukkan bahwa bobot sampah sekitar 20 ton dengan ukuran 30 meter," sambungnya.

Thomas menuturkan bahwa orbit saat ini, ketinggiannya makin mendekati 120 kilometer (km), ketinggian kritis objek antariksa untuk jatuh.

"Terpantau, Indonesia di wilayah Sumatera bagian selatan dan Kalimantan Barat terlintasi pada saat-saat akhir lintasan bekas roket,” ujar Thomas.

Baca Juga: Citayam Fashion Week Kembali Meriah Diramaikan Saat Car Free Day

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto

Sumber: BRIN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x