Ngeri! Pelaku Bawa Pentungan hingga Cucu PB XIII Ditodong Pistol Saat Keributan 2 Kubu di keraton Surakarta

- 24 Desember 2022, 19:59 WIB
Keraton Surakarta.
Keraton Surakarta. /Dok. Cagar Budaya Kemendikbud

ARAHKATA - Wakil Pengageng Sasana Wilapa KRA Dani Nur Adiningrat menuturkan awal mula pecahnya kericuhan yang terjadi di Keraton Surakarta pada Jumat, 23 Desember 2022 petang.

Menurutnya, kejadian semalam bermula dari dugaan pemukulan terhadap salah satu kerabat keraton Sentono Ndalem Keraton Kasunanan Surakarta, KRA Christophorus Aditiyas Suryo Admojonegoro.

"Akhirnya abdi dalem kami dapat dhawuh dalem untuk mengamankan area keraton," ucap KRA Dani Nur Adiningrat, dikutip ArahKata.com dari Antara pada Sabtu, 24 Desember 2022.

Baca Juga: PB IDI Ingatkan Masyarakat Jaga Protokol Kesehatan Selama Libur Nataru 2022

"Maksudnya mengamankan adalah biar tidak lalu lalang sedemikian rupa, pintu itu ditutup. Ditutup, tetapi menempatkan abdi dalem untuk jaga pintu tersebut," ujarnya menambahkan.

Akan tetapi, ternyata terjadi pemukulan terhadap abdi dalem oleh beberapa orang dengan membawa pentungan.

"Ada yang pakai pentungan dan lain sebagainya sampai jatuhlah korban, ada sekitar 4-5 orang. Perlakuan ini sudah di batas kemanusiaan, di area cagar budaya yang harusnya dijunjung tinggi siapa yang bertugas," kata KRA Dani Nur Adiningrat.

Baca Juga: Latih Lebih dari 200 Ribu Peserta DTS, Kominfo Gelar Digiers Day

Sementara dari pihak LDA yang diwakili oleh Kanjeng Pangeran Eddy S Wirabhumi mengatakan LDA yang berisi sebagian putra dan putri PB XII keberatan dengan penutupan pintu keraton secara sepihak oleh raja.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x