Warga Bogor Diminta Gunakan Masker-Jaga Jarak, Ada Indikasi Covid-19 Naik

- 1 April 2023, 20:36 WIB
Warga Bogor padati Jalan Surken.
Warga Bogor padati Jalan Surken. /Aflien Awalludin/Twitter

ARAHKATA - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat kembali meminta masyarakat memakai masker dan menjaga jarak di ruang publik karena ada indikasi angka konfirmasi positif Covid-19 meningkat pada Ramadan 1444 hijriah/2023 masehi.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Abdul Rachim mengatakan imbauan Dinas Kesehatan setempat untuk menggunakan masker kembali untuk mewaspadai kegiatan-kegiatan masyarakat yang bisa membuat penyebaran Covid-19 meningkat signifikan.

"Jadi Dinkes menilai ada peningkatan jumlah kasus sekarang. Jadi ada penambahan kasus Covid-19 di Kota Bogor," kata Dedie di Kota Bogor, Jumat, 31 Maret 2023 seperti dikutip ArahKata.com, pada Sabtu, 1 April 2023.

Baca Juga: Dua Dasawarsa, Serikat Pekerja Pertamina Tetap Teguh Jaga Kedaulatan Energi Nasional

Ia memaparkan berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Bogor dalam empat hari terakhir ada peningkatan kasus positif Covid-19 dari mulai dari Senin, 27 Maret 2023 jumlah warga terkonfirmasi positif penyakit menular tersebut berjumlah tiga orang, kemudian meningkat pada Selasa, 28 Maret 2023 menjadi enam orang.

Dalam grafik data mingguan penyebaran konfirmasi kasus Covid-19 pada pekan lalu rentang 20-26 Maret 2023 justru menurun dibanding pekan sebelumnya rentang 13-19 Maret 2023 dari 32 kasus menjadi 23 kasus positif.

Namun demikian, data peningkatan kasus positif terlihat dalam empat terakhir ini telah mencapai 21 kasus.

Baca Juga: Ratusan Professor Solid! Dukung Mahfud MD Bongkar Transaksi Janggal Rp349 Triliun

"Ini menjadikan kita semuanya harus waspada untuk kegiatan-kegiatan kerumunan, khususnya di ruang-ruang tertutup, sebagaimana arahan Bapak Presiden disarankan untuk memakai masker," kata Dedie.

Atas kondisi tersebut, Dedie pun mengimbau bagi masyarakat yang berkegiatan di luar ruangan tetap menjaga jarak untuk terhindar dari penularan Covid-19.

"Kemudian tentu bagi mereka yang berkegiatan di luar ruangan, meskipun kelihatan relatif aman, tetap jaga jarak, harus diperhatikan juga. Itu sih intinya karena ada indikasi peningkatan kasus di Kota Bogor," katanya.
Baca Juga: KPK Temukan Uang Rp1,3 Miliar Terkait Korupsi di Kementerian ESDM

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Kota Bogor juga telah mengimbau masyarakat tetap menggunakan masker selama Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah/ 2023 Masehi ketika berada dalam kerumunan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bogor Erna Nuraena saat dikonfirmasi mengatakan anjuran menggunakan masker utamanya dalam empat kondisi.

Pertama, ada keadaan kerumunan dan keramaian aktivitas masyarakat, di dalam gedung/ruangan tertutup dan sempit, masyarakat yang bergejala penyakit pernapasan dan masyarakat yang kontak erat dan terkonfirmasi.***

Editor: Wijaya Kusnaryanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah