Jalan Inspeksi Ciliwung-Condet Mangkrak, DPRD Sebut Tanggungjawab DKI-Pusat

- 5 November 2020, 18:08 WIB
Jalan Inspeksi Ciliwung-Condet yang Mangkrak
Jalan Inspeksi Ciliwung-Condet yang Mangkrak /Detik.com

ArahKata.com - Sejak era Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), jalan inspeksi Ciliwung-Condet, Jakarta Timur mangkrak. Sekretaris Komisi D, DPRD DKI Jakarta, Syarif, menyebut jika proyek tersebut adalah proyek normalisasi kali Ciliwung.

"Seperti sudah diatur, itu kebijakan normalisasi menjadi dua tanggung jawab. Dua kewenangan masing-masing dibagi, untuk pembebasan lahan di Pemda DKI, (pembangunan) proyeknya itu dari pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane," ucap Sekretaris Komisi D, DPRD DKI Jakarta, Syarif.

Baca Juga: 3 Kendaraan Tabrakan Beruntun di Tol Tanjungmorawa, 2 Orang Terluka

Menurut Syarif, jalur inspeksi itu adalah bagian dari proyek normalisasi pada 2014 sampai 2016. Setelah itu, proyek normalisasi tidak berjalan karena Pemprov DKI Jakarta tidak membebaskan lahan.

Syarif belum mengecek kepastian kasus tersebut apakah masalahnya di pembebasan lahan, atau pekerjaan proyek yang tidak dijalankan.

"Memang ada kendala (dalam normalisasi Ciliwung) yang pembebasan lahan memang tersendat. Itu kan kaitan dengan pengadaan tanah, kita harus cek ulang, betul tidak karena faktor pengadaan lahan," kata Syarif.

Baca Juga: Selama Dua Bulan, Ada 7.276 Masyarakat di Depok Langgar PSBB

"Atau sudah dibebaskan tapi pembangunan jalan nggak dikerjakan, nggak selesai," ujar Syarif.

Diketahui, jalan beton yang dibuat era Ahok itu belu ditindaklanjuti kembali. Jalan sepanjang kurang lebih 800 meter tidak berfungsi.

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x