Gempa Dahsyat M 7,4 Mengguncang Turki, Dompet Dhuafa Siapkan Bantuan

- 7 Februari 2023, 08:25 WIB
Korban dan kerusakan akibat gempa Turki pada Jumat, 30 Oktober 2020.*
Korban dan kerusakan akibat gempa Turki pada Jumat, 30 Oktober 2020.* /Twitter/@AJplus

ARAHKATA — Gempa bumi M 7.4 terjadi di selatan Turki (prov Kahramanmaras, Gaziantep, Osmaniye) pada pukul 04.17 ws (08.17 wib).

Pusat gempa di provinsi Kahramanmaras (+/- 600 km sebelah tenggara Ankara). Disusul 2 gempa lanjutan M 6,4 dan M 6,5 di Prov Gaziantep (+/- 700 km sebelah tenggara ankara).

Hingga malam ini Senin, 6 Februari 2023 dampak dari gempa tersebut mengakibatkan telah mengakibatkan ratusan jiwa berjatuhan.

Baca Juga: Federasi Serikat Pekerja Pertamina Tegaskan Menolak Privatisasi PGE

Tak selang lama tentang informasi Gempa Turki, sejumlah pemimpin negara dari berbagai belahan dunia mengucapkan belasungkawa atas bencana yang terjadi.

Tidak hanya itu, ucapan duka mendalam kepada para penyintas Gempa Turki datang dari Dompet Dhuafa, lembaga kemanusiaan yang berbasis di Indonesia, melalui Direktur Komunikasi & Teknologi Dompet Dhuafa, Prima Hadi Putra mengatakan, “Kami bersama masyarakat Indonesia turut belasungkawa yang sedalam-dalamnya bagi masyarakat Turki khususnya terdampak dari Gempa dengan M 7.4. Serta sebagai lembaga kemanusiaan, kami akan berupaya untuk mengirimkan bantuan bagi masyarakat Turki yang terdampak”.

Melalui informasi KBRI Ankara telah berkoordinasi dengan otoritas lokal di daerah tersebut, Satgas Perlindungan WNI (Warga Negara Indonesia) dan PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) di sekitar lokasi. Menurut KBRI Ankara, “sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban meninggal dunia. Sementara itu sejumlah WNI di Kahramanmaras harus meninggalkan apartemen karena mengalami kerusakan parah”.

Baca Juga: Jokowi: Elektabilitas Prabowo Subianto Potensi Jadi Tertinggi

Pihak KBRI Ankara sedang mengupayakan rumah penampungan sementara sambil menunggu penanganan dari otoritas setempat. Sementara itu Presiden Erdogan telah berkomunikasi dengan Gubernur Kahramanmaras, sampaikan pesan duka kepada masyarakat terdampak dan juga menginfokan telah mengerahkan tim SAR dari seluruh Turki. Mendagri Turki, Suleyman Soylu menyampaikan, bahwa prioritas saat ini adalah penyelamatan korban yang terjebak di reruntuhan dan bantuan darurat masyarakat terdampak. Mengingat kerusakan yang sangat subtansial, diperkirakan jumlah korban jiwa akan terus bertambah.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah