Mengintip Daftar Pilihan Menu Makan Siang Gratis Rp15 Ribu ala Prabowo-Gibran

- 29 Februari 2024, 23:37 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau langsung simulasi makan siang gratis di Tangerang pada Kamis, 29 Februari 2024.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau langsung simulasi makan siang gratis di Tangerang pada Kamis, 29 Februari 2024. /Antara/ Sulthony Hasanuddin/

ARAHKATA - Daerah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, menjadi pilot project atau percontohan dalam penerapan program makan siang gratis bagi siswa SD dan SMP di Indonesia. 

"Dari Pak Penjabat (Pj) Bupati Tangerang menyiapkan tiga tipe sekolah di sini untuk program makan gratis ini, seperti yang di perkotaan, perdesaan, dan pesisir. 

Jadi ini representasi untuk daerah lain di Indonesia," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartato di Tangerang, Kamis, 28 Februari 2024.

Baca Juga: Timnas AMIN: Kalau Kita Beberkan Bukti Kecurangan Sekarang Itu Namanya Bodoh

Alasan pelaksanaan program makan siang gratis dilakukan di daerah Kabupaten Tangerang, kata Menko Airlangga, karena memiliki tipologi sekolah yang berbeda-beda seperti ada di perkotaan, pedesaan, dan pesisir, sehingga Tangerang paling tepat jadi lokasi percontohan program makan siang gratis dan nantinya bisa diterapkan di daerah lainnya. 

"Satu lagi, saya lihat anak-anak dapat uang jajan Rp10.000 sampai Rp15.000 itu dipakai untuk berangkat sekolah, beli makanan. Maka dengan ada program ini bisa membantu anak-anak. Demikian program ini jadi tepat, gizi dan kalori tepat untuk para pelajar," tutur Menko Airlangga. 

Dia menjelaskan memberikan makan gratis saat ini memang masih dalam pembahasan pemerintah pada Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025 di rapat kabinet. 

Baca Juga: Margin Suara Terlalu Jauh Sengketa Pilpres 2024 Lewat MK Dinilai Akan Sia-sia

Dari hasil rapat tersebut, kata dia, belum ada keputusan lebih lanjut mengenai skema anggaran program makan siang gratis yang diusulkan oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sejauh ini, menurutnya, pemerintah baru memutuskan untuk membahas program tersebut dalam KEM-PPKF 2025. 

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah