Tips Jitu Mencegah Kelelahan Berkendara Dalam Waktu Lama Saat Mudik Lebaran

- 8 April 2024, 14:19 WIB
Ilustrasi seorang perempuan yang sedang akan memberikan kopi kepada pengendara mobil.
Ilustrasi seorang perempuan yang sedang akan memberikan kopi kepada pengendara mobil. /pvpproductions/freepik.com

ARAHKATA - Mudik menjadi momen yang sudah dinanti oleh perantau. Perjalanan jauh tidak menghalangi niat untuk berkumpul bersama keluarga.

Namun, berkendara dalam waktu yang sangat lama bisa membuat Anda kelelahan, hal ini dapat mengakibatkan penurunan konsentrasi dan terjadinya risiko kecelakaan. 

Jangan khawatir, agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan saat berkendara, ini dia cara mencegah kelelahan saat berkendara mudik Lebaran.

Baca Juga: Tiga Kendaraan Terlibat Kecelakaan Maut di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek 12 Korban Tewas

1. Istirahat Cukup
Dengan beristirahat yang cukup, seperti tidur siang, dan tidak bergadang dapat membuat tubuh Anda tetap segar untuk berkendara dalam jarak yang jauh. Cobalah untuk tidak terlalu banyak beraktivitas, agar tubuh tidak merasakan kelelahan.

2. Atur Konsumsi Makanan
Sebelum berangkat, cobalah untuk tidak memakan makanan dengan tinggi kalori. Saat makan berat, tubuh akan mengalihkan aliran darah ke sistem pencernaan untuk membantu proses pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan aliran darah ke otak berkurang, sehingga Anda akan merasa lelah dan mengantuk. Cobalah untuk sarapan dengan makanan ringan dan minum banyak air putih, agar tubuh tetap terjaga segar selama perjalanan.

Baca Juga: Polisi Ungkap Rumah Mewah Dijadikan Pabrik Estasi Gembong Narkoba Fredy Pratama 

3. Jangan Mengonsumsi Alkohol
Kandungan alkohol dalam dapat membuat tubuh menjadi sangat kelelahan karena otak berusaha untuk tetap fokus. Alkohol seperti depresan sistem saraf pusat, yang dapat memperlambat aktivitas otak dan tubuh Anda. Hal tersebut dapat menyebabkan efek sedatif seperti rasa kantuk, kelelahan, dan kesulitan untuk berkonsentrasi.

4. Hindari Stres
Ketika stres tubuh Anda akan melepaskan hormon kortisol. Hormon ini membantu tubuh untuk melawan stres dengan meningkatkan kadar gula darah, tekanan darah, dan detak jantung. Dengan kadar kortisol yang tinggi dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan Anda sangat kelelahan. Cobalah untuk mengelola stres dengan berolahraga, meditasi, atau yoga sebelum mudik.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah