Indonesia Darurat Covid-19, Wiku Adisasmito: ICU Kritis dan Nakes Menipis!

- 6 Januari 2021, 02:19 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito meminta masyarakat tetap menerapkan proyokol kesehatan saat libur panjang, yang menjadi pemicu kenaikan kasus Covid-19
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito meminta masyarakat tetap menerapkan proyokol kesehatan saat libur panjang, yang menjadi pemicu kenaikan kasus Covid-19 /Arahkata/

ARAHKATA – Akibat tingginya penambahan kasus positif Covid-19 di Tanah Air menyebabkan ketersediaan tempat tidur rumah sakit (BOR atau Bed Occupation Rate) membludak, dan tenaga kesehatan menipis.

Indonesia mencatatkan penambahan kasus positif sebesar 7.445 pada Selasa 5 Januari 2021. Jumlah kasus aktif atau pasien yang masih berjuang melawan Covid-19 pada saat ini sebanyak 110.693 atau 14,2 persen.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, perkembangan kasus positif Covid-19 mingguan memperlihatkan terjadi kenaikan kasus kembali. Dan kenaikannya minggu ini sebesar 7,3 persen dibanding minggu sebelumnya.

Baca Juga: Gunung Merapi Kembali Keluarkan Lava Pijar

“Jika dilihat dari tren perkembangannya, ICU dan isolasi makin meningkat dan mengkhawatirkan,” kata Prof Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa 5 Januari 2021.

Dia juga menyampaikan, untuk beberapa daerah, keterisian ICU dan Isolasi rumah sakit di daerah melebih 70 persen. Itu berarti hanya tersisa 30 persen saja.

Adapun sejumlah provinsi yang mengalami kondisi demikian seperti DKI Jakarta, Banten, Jogjakarta, Jawa Barat, Sulawesi Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, dan Sulawesi Tengah.

“Hal ini jadi alarm bagi kita bahwa kita sedang dalam keadaan darurat yang ditandai dengan ketersediaan tempat tidur yang semakin menipis,” tegas Wiku.

Baca Juga: Sempat Jadi Misteri, Polisi Ungkap Insiden Lengan Putus Perawat Aceh

Perlu dipahami, lanjutnya, bahwa masih tersisanya sedikit tempat tidur belum tentu bisa digunakan karena terbatasnya tenaga kesehatan.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x