Sosok Inspiratif Polisi Sinjai Aiptu Sapri, Budidaya Porang Hingga Bina Petani

- 3 Februari 2021, 06:35 WIB
Personel Polres Sinjai, Aiptu Sapri Basri
Personel Polres Sinjai, Aiptu Sapri Basri /Ashari/Arahkata.com

ARAHKATA - Sebuah langkah nyata perubahan pola pikir lebih maju kini dikembangkan sosok anggota Polres Sinjai, Polda Sulawesi Selatan terhadap petani dengan budidaya tanaman Tire atau Porang, yang sungguh meyakinkan dewasa ini.

Dia adalah Aiptu Sapri Basri. Sosok inspiratif yang dikenal humanis dengan berbagai kalangan ini, berhasil menggagas kelompok tani Porang di kampung halamannya di Desa Tibona, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba.

Mata pencarian warga di Desa Tibona sebelumnya berharap dari penghasilan berkebun karet, dan bertani. Pola pikir mereka terbuka untuk membudidayakan tanaman Porang yang sangat menjanjikan.

Baca Juga: BPBD Matim Distribusikan Bantuan Darurat Kepada KK Terdampak Bencana di Lamba Leda

Dari alasan inilah, konsep brilian Aiptu Sapri Basri membentuk Kelompok Tani Tunas Kuncup di Desa Tibona, yang beranggotakan 25 orang untuk mengembangkan tanaman jenis umbian dengan harapan menambah penghasilan warga dan mampu meningkatkan taraf perekonomian.

Walaupun bertugas di wilayah Kabupaten Sinjai, sosok Aiptu Sapri Basri yang juga sebagai pembina Kelompok Tani Tunas Kuncup Desa Tibona ini, rela meluangkan waktu di hari libur bersama warga, demi memberi dukungan atau motivasi terkait budidaya Porang yang sangat menjanjikan itu.

Sosok inspiratif Aiptu Sapri Basri menuturkan, Kelompok Tani Tunas Kuncup yang dibinanya baru berusia muda, namun telah melakukan penanaman puluhan ribu bibit cabutan Porang di lahan seluas 25 Hektar dan bahkan lahan milik pribadinya telah ditancapkan ribuan bibit.

Baca Juga: Komisi X DPR RI Minta Kemendesa Bangun Budaya Membaca Melalui Perpustakaan Desa

"Budidaya Porang yang kami gagas berharap dapat merubah mainset petani dan mampu meningkatkan taraf ekonomi, sekaligus menjadi ladang bisnis bagi warga di Desa Tibona," ungkapnya, Selasa 2 Februari 2021.

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x