Cerita Gunung Raung yang Menyemburkan Asap Sejak Abad 16

- 3 Februari 2021, 17:09 WIB
Gunung Raung menyemburkan asap/volcano.si.edu
Gunung Raung menyemburkan asap/volcano.si.edu /

ARAHKATA - Gunung Raung merupakan gung berapi paling besar dan aktif di timur Jawa. Lebih dari enam puluh letusan yang tercatat sejak akhir abad ke-16.

Letusan paling awal yang tercatat terjadi pada tahun 1586 yang mengakibatkan korban jiwa. Antara tahun 1586 dan 1817 tercatat lima letusan mematikan lainnya.

Ledakan dengan abu, hingga aliran lava dari kerucut cinder di dalam kawah puncak selebar 2 km telah menjadi aktivitas yang paling umum. Laporan visual aktivitas sering kali datang dari penerbangan maskapai komersial yang lewat di dekat puncak; Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG, juga dikenal sebagai Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Indonesia, CVGHM), melansir volcano.si.edu.

Baca Juga: BPPTKG Pastikan Gundukan Hitam Gunung Merapi Hanya Tumpukan Material Vulkanik

Webcam terpasang untuk memantau aktivitas dalam beberapa tahun terakhir. Letusan tahun 2015 menghasilkan volume lava yang besar di dalam kawah puncak dan membentuk kerucut piroklastik baru di lokasi yang sama dengan lokasi sebelumnya. Konfirmasi dan rincian letusan tahun 2012, 2013, dan 2014-2015 tercakup dalam laporan ini dengan informasi yang disediakan oleh PVMBG,.

Informasi visual dan satelit yang baru tersedia mengonfirmasi letusan di Raung selama Oktober 2012-Januari 2013, Juni-Juli 2013, dan memperpanjang awal letusan 2014 ingga 2015.

Citra Landsat-8 dari 28 Oktober 2014 menunjukkan langit cerah dan sedikit aktivitas di dalam kawah puncak. Pengamat melaporkan semburan uap dimulai pada pertengahan November 2014. Peringatan termal MODVOLC di dalam kawah puncak dikeluarkan pada 28 dan 30 November, dan kemudian 15 peringatan dikeluarkan pada tujuh hari di bulan Desember. Citra Thermal Landsat-8 dari hari mendung pada tanggal 29 November dan 15 Desember menunjukkan adanya anomali pada area kerucut piroklastik di dalam kawah puncak.

Baca Juga: Gunung Bromo Berstatus Waspada, BPBD Probolinggo Pasang Kamera Pengintai

Letusan 2015 adalah yang terbesar dalam beberapa dekade; Aktivitas strombolian dilaporkan selama berbulan-bulan dan aliran lahar segar menutupi dasar kawah.

Halaman:

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x