Jangan Langsung Panik Dengar Gunung Raung Bergemuruh, Ini Penjelasannya!

- 3 Februari 2021, 18:01 WIB
Aktivitas gunung berapi
Aktivitas gunung berapi /Istinewa/

ARAHKATA - Suara gemuruh dari Gunung Raung yang terletak di Jawa Timur memecah keheningan. Suaranya beberapa kali terdengar hari ini, Rabu 3 Februari 2021.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, suara tersebut berasal dari aktivitas magma yang keluar. Itu hal yang biasa terjadi.

Melansir volcano.oregonstate.edu, beberapa suara yang terdengar dari gunung berapi di seluruh dunia kerap kali terjadi. Bunyinya juga berbeda-beda, dari ledakan keras, gelembung pecah, gemuruh, mendesis, hingga menderu seperti mesin jet.

Baca Juga: Cerita Gunung Raung yang Menyemburkan Asap Sejak Abad 16

Suara hingga ledakan dari gunung berapi terdengar sampai ribuan kilometer jauhnya. Salah satu cara untuk mengklasifikasikan jenis suara yang terekam di dasar laut dan gunung berapi.

Biasanya, hal ini dilakukan oleh BMKG. Sebelum letusan, saat gunung berapi membangun tekanan, gempa bumi dan getaran dari tanggul serta saluran yang beresonansi adalah suara yang umum ditangkap oleh alat perekam akustik.

Kelompok suara kedua terjadi selama letusan aktif, terutama terdiri dari ledakan, semburan gelembung, dan semburan gas yang keluar dari ventilasi vulkanik.

Baca Juga: Breaking News: Gempa M5,2 Guncang Mamuju

Suara gunung berapi sebelum letusan

Suara dari proses vulkanik (juga dikenal sebagai akustik gunung berapi) yang terjadi sebelum letusan terutama berasal dari tekanan magma di retakan dan saluran, ledakan gelembung, dan sistem hidrotermal super panas beresonansi di dekat permukaan gunung berapi.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x