Begini Cara Bikin Rumah Aman dari Bencana

- 9 Februari 2021, 19:50 WIB
/

ARAHKATA - Retrofitting adalah kegiatan memperkuat atau memperbaiki struktur bangunan yang ada agar bisa dalam menghemat biaya perencanaan konstruksi bangunan.

Retrofitting ini bertujuan untuk menghasilkan perkuatan bangunan yang lebih kuat
lagi dari sebelumnya.

Ptoses ini dilakukan agar bangunan yang dibuat aman saat bencana datang. Dengan meminimalisir kerusakan, korban jiwa akibat tertimpa rerentuhan bisa ditekan.

Baca Juga: Ibunda Anis Matta Meninggal, Kerabat Diimbau Berkenan Shalat Ghaib

Habitat for Humanity Indonesia bekerja sama dengan American Red Cross, Palang Merah Indonesia (PMI), PokjaBaNTu, dan Kementerian PUPR menggelar webinar bertajuk “Program Retrofitting Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Mitigasi Pengurangan Risiko Bencana Melalui Dukungan Bantuan Nontunai”, Selasa 9 Februari 2021, membahas mengenai proses Retrofitting.

Ir. Dian Irawati, MT, Direktur Bina Teknik Pemukiman dan Perumahan mengungkapkan “Bangunan gedung termasuk rumah tinggal harus memenuhi salah satu aspek keselamatan berupa ketahanan terhadap guncangan gempa bumi dengan skala tertentu. Dalam banyak kasus, kerusakan berat bangunan rumah umumnya terjadi karena tidak di penuhinya standar-standar seperti pondasi, sistem struktur kolom, balok, dinding, struktur atap, maupun standar material yang digunakan.

PUPR sendiri telah mengeluarkan pedoman teknik perkuatan untuk bangunan sederhana dengan memperhatikan prinsip-prinsip perkuatanya itu efisiensi dan efektifitas yang terdiri dari kemudahan pelaksanaan oleh tukang yang tidak memerlukan keahlian khusus, kemudahan mendapatkan alat dan bahan agar biaya optimal. Juga pelaksanaan yang benar-benar sesuai dengan target yang ingin dicapai.

Baca Juga: BPBD Bangli Petakan 12 Titik Bencana di Kintamani. Berikut Rinciannya

"Masyarakat dapat melakukannya mulai dari perkuatan dengan dinding pengisi, dinding sayap, ikatan silang dan dengan sokongan." Untuk meningkatkan daktilitas (kemampuan menahan beban gempa), masyarakat dapat melakukannya dengan cara membungkus dengan plat baja, besi strip dan plat baja, jaringan tulang,dan dengan sengkang yang rapat," tambahnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x