Ada 5 Cara Jaga Kondisi Kesehatan di Musim Hujan dan Covid-19

- 9 Februari 2021, 09:00 WIB
Ilustrasi penikmat hujan
Ilustrasi penikmat hujan /PIXABAY/SASINT

 

 
 
 
ARAHKATA - Memasuki pekan kedua Februari 2021 intensitas curah hujan kian meninggi. Bahkan di beberapa ruas jalan di sejumlah Provinsi maupun Kabupaten dan Kota banjir tengah menerjang perumahan. 
 
Kalau kita kurang fit dan prima, bukan mustahil aneka macam virus akan mudah nempel.  Ih serem. Nah ini Arahkata mau membagikan 5 tips menjaga kondisi kesehatan di musim hujan dan Covid-19. Apa saja ya? Simak ulasannya berikut ini! 
 
1. Menjaga Kesehatan Diri Sendiri
 
Hal yang pertama yang harus diingat agar virus dan bakteri jauh-jauh dari diri kita adalah menjaga kebersihan diri sendiri. Bagaimana caranya? Pertama, kamu harus lakukan adalah mandi dua kali sehari. Setelah itu langsung mencuci baju ketika kamu kembali dari kerumunan dan jangan lupa mengganti baju. Jangan lupa terapkan 3 M dan yang terpenting rajin cuci tangan. Wajib juga lho sediakan masker baru untuk mengganti masker lama, disinfektan, dan hand sanitizer bila berada di ruang publik.
 
 
 
 
2. Perbanyak Olahraga
 
Kata siapa kalau musim hujan enggak boleh olahraga? Olahraga bisa dimana saja lho. Turun naik tangga misalnya atau tayangkan program olahraga lewat transmiter youtube juga oke juga lho. Sudah jadi rahasia umum perbanyak olahraga bisa meningkatkan hormon bahagia. Sekaligus bisa menguatkan sistem jaringan imun. So, enggak ada alasan lagi deh kamu 'mager' alias males gerak.
 
3. Utamakan makanan 4 sehat 5 Sempurna
 
Siapa yang masih inget jargon 4 sehat 5 sempurna masih inget dong. Ternyata ajaran uyut kita jaman dulu efektif lho kalau diterapkan melawan virus dan bakteri penyebab penyakit seperti sekarang. Kenapa begitu? Karena kandungan sayuran, daging, ayam, kacang-kacangan, buah-buahan dan susu bersinergi dalam pembentukan tenaga di tubuh, asupan pada otot, otak dalam berpikir, dan anti bodi alami yang dapat memprisai badan untuk tidak mudah drop saat musim penghujan. Apalagi musim pandemi Covid-19 begini penangkal alami ya ada pada makanan yang kamu makan.
 
 
 
 
4. Membersihkan Lingkungan
 
Mencegah sakit di musim pandemi hukumnya wajib lho. Selain menjaganya dari dalam ada upaya ekternal juga yang harus diperhatikan. Yups bener banget, yang penting diperhatikan adalah membersihkan lingkungan tempat tinggal. Jadi mulai lakukan ya mengecek tempat penampungan air bebas jentik nyamuk, rajin nyapu, rajin ngepel dan mencuci semua perabotan semuany berguna untuk jaga kesehatanmu dan kesehatan keluarga.
 
 
 
 
5. Tidur Cukup
 
Ada yang ingat manfaat secara biologis tidur cukup. Selain mengurangi kelelahan, tidur cukup juga berguna untuk proteksi dari virus dan bakteri di jalan maupun di tempat tinggalmu lho. Sebab, tidur cukup bisa mengistirahatkan sejumlah organ dalam tubuh kamu. Semisal hati, hati secara biologis akan giat bekerja pada pukul 11 malam ke atas. Nah kalau pada pukul 11 malam kamu tidak tidur, akan menambah beban kerja pada hati untuk menyalurkan darah ke organ tubuh lainnya. Efek panjang, resikonya lebih gawat munculnya penyakit Hepatitis dan ganggguan hati lainnya. Makanya penting banget tidur malam sebelum Pukul 11. 
 
 

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x