Solo Geger! Dua Putri Raja Paku Buwono Terkurung di Kraton

- 12 Februari 2021, 16:15 WIB
Kraton Kasunanan Solo.
Kraton Kasunanan Solo. /

ARAHKATA - Kota Solo geger siang ini. Dua putri raja Paku Buwono (PB) dan sejumlah kerabat kraton  diduga terkurung dan terkunci di dalam salah satu ruangan kraton Kraton Kasunanan Solo.

Mereka yang diduga terkurung adalah GKR Wandansari Koes Moertiyah (Gusti Moeng) putri PB XII, GKR Timoer Rumbai putri PB XIII (raja saat ini). Selain kedua putri, tiga abdi dalem yang menyertai juga ikut terkunci, sejak Kamis (12/2) malam.

GKR Timoer Rumbai yang juga keponakan GKR Wandansari sempat mengunggah kondisi terakhir di akun instagram pribadinya.

Dalam akun instagram @gkrtimoer ia mengunggah foto suasana di depan Kori Kamandungan. Ada belasan orang berdiri yang sebagian mengenakan kemeja batik, disertai tulisan 'Putri yg terkurung versi 2'.

Tak hanya itu, dalam foto dan video yang diposting sekitar pukul 00.30 WIB tersebut, GKR Timoer juga memperlihatkan kondisi dalam keraton tepatnya di kawasan Kaputren setelah lama ia tinggalkan.

Di dalam gedung tersebut, tampak gelap dan tak ada penerangan, sedangkan kondisi ruangan juga nampak berantakan

Suami GKR Wandansari, KPH Eddy Wirabhumi membenarkan jika istrinya berada di dalam keraton sejak Kamis (11/2) malam.

Menurutnya, istrinya GKR Timoer masuk ke dalam keraton saat hendak menemui tamu dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Mereka pun masuk ke bangunan utama keraton melalui Kori Kamandungan (pintu utama) keraton.

"Namun saat hendak menemui tamu dari BPK, ternyata tamu tersebut dari BPK diarahkan masuk ke Sasana Putro (kediaman PB XIII) yang ada di sisi barat. Sedangkan Gusti Moeng dan Gusti Timoer beserta tiga abdi dalemnya ada di dalam Keputren. Mereka ingin melihat kondisi terakhir tempat tinggalnya dulu. Tetapi saat mau keluar keraton, ternyata sejumlah pintu akses keluar telah dikunci," ujar Eddy kepada wartawan, Jumat (12/2).

"Setelah tamunya diarahkan ke pintu barat, Gusti berusaha keluar namun akses sini (pintu depan dan belakang) terkunci. Kemudian Gusti berusaha keluar lewat Keputren, tetapi juga terkunci juga. Saya juga masuk tetapi di sini saja dan saya berusaha keluar sekitar pukul 22.30 WIB malam," jelasnya lagi.

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x