Kota Bekasi Terapkan Polder Pengendali Air Atasi Banjir di Bekasi Barat

- 26 Februari 2021, 09:24 WIB
Wagub Jabar Tinjau Banjir Bekasi dengan Ketinggian Hingga 2 Meter, UU Ruzhanul: Akibat Curah Hujan Tinggi
Wagub Jabar Tinjau Banjir Bekasi dengan Ketinggian Hingga 2 Meter, UU Ruzhanul: Akibat Curah Hujan Tinggi /ARAHKATA/Dok. Humas Jabar

ARAHKATA - Camat Bekasi Barat HM Bunyamin berharap Pemerintah Daerah (Pemda) segera merealisasi pembangunan Polder untuk mencegah banjir di beberapa wilayah.

Mengingat perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyebut terjangan cuaca ekstrem berpotensi banjir diprediksi sampai April 2021 mendatang.

"Warga, baik dari tokoh masyarakat sekecamatan Bekasi barat dari 5 kelurahan yang terdampak banjir dari kali Cakung memohon segera direalisasikan tahun ini karena setiap tahun banjir," kata Bunyamin kepada awak media di kantornya, Kamis, 25 Februari 2021.

Baca Juga: Sebanyak Puluhan Pelanggar Protokol Kesehatan di Bekasi Kena Denda Ditempat

Bunyamin mengatakan Pemda seharusnya sudah mulai bergerak dalam pembangunan Polder ini jika anggaran sudah ada.

Sebab, pembangunan polder dinilai cukup signifikan menangkal kepungan banjir di Bekasi.

"Misalnya kalau memang ada anggaran segera saja dikerjakan, digali, sehingga di musim hujan mendatang air segera masuk ke situ (Polder)," lanjutnya.

Dia mengakui memang banjir tidak akan teratasi 100 persen kalau tidak dibenahi dengan benar dari hulu ke hilir.

"Memang tidak akan seratus persen. Kan air itu dari hulu ke hilir. Saya kan di hilir. Dibenahi dulu dari sana. Salurannya yang melanggar di GSS ditertibkan. Sehingga aliran air lancar ditampung di polder. Kalau di hulu tidak dibenahi ke hilir berdampak ke Kecamatan Barat," kata dia.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah