Varian Baru Covid-19 B117 Masuk Indonesia, Ridwan Kamil: Tingkatkan Ikhtiar!

- 3 Maret 2021, 16:28 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil di Gedung Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Kota Bandung, Rabu 3 Maret 2021.
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil di Gedung Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Kota Bandung, Rabu 3 Maret 2021. /Humas Jabar/Yogi P

ARAHKATA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaporkan adanya varian baru virus Corona dari Inggris, B117 yang ditemukan di Kabupaten Karawang.

Saat ini, Satgas Covid-19 Jawa Barat pun tengah melakukan pelacakan terkait kasus tersebut untuk mengantisipasi merebaknya virus Corona yang bermutasi.

"Varian baru virus Corona diberitakan sudah ada di Indonesia, masuk di Karawang. Kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim Unpad (Universitas Pandjadjaran) untuk meneliti UK B117 ini," ujar Ridwan Kamil.

Baca Juga: Vanessa Angel Ungkap Bukti Perselingkuhan Bibi Ardiansyah dengan Pelakor

Sejumlah pihak menilai bahwa mutasi virus ini lebih ganas. Karena itu Ridwan Kamil berkoordinasi dengan Unpad untuk mengetahui apakah perlakuan protokol kesehatan Covid-19 masih berlaku sama atau tidak.

"Apakah sama perlakuan 3M dan 3T ini? Kami mohon agar penelitian, sehingga kami selaku pengambil keputusan secara tepat bisa merespon dengan cara terukur," ujar Ridwan Kamil.

"Langkah antisipasi telah dilakukan sejak awal karena Satgas telah memprediksi bahwa virus ini akan bermutasi. Ikhtiar kita sesuaikan dan kita tingkatkan," lanjutnya.

Baca Juga: KPK Buka Kemungkinan Tuntut Mati Edhy dan Juliari

Sebelumnya, bertepatan dengan peringatan setahun Corona di Indonesua, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono melaporkan temuan 2 kasus mutasi virus Corona B117 asal Inggris di Indonesia.

Ini menjadi kasus pertama di Indonesia sejak varian tersebut mewabah di Inggris September 2020 lalu.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x