Jatim Jadi Daerah Pertama Pendistribusian Vaksin AstraZeneka

- 23 Maret 2021, 03:47 WIB
Jubir Vaksinasi COVID-19 Lucia Rizka Andalusia nyatakan vaksin AstraZeneca tidak bermasalah
Jubir Vaksinasi COVID-19 Lucia Rizka Andalusia nyatakan vaksin AstraZeneca tidak bermasalah /Reuters/Dado Ruvic/

ARAHKATA - Provinsi Jawa Timur terpilih sebagai daerah perdana pendistribusian vaksin produksi AstraZeneca. Pemberian vaksin ini pertama diprioritaskan bagi tokoh agama setempat.

Suntikan perdana dilakukan salah satunya kepada Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur KH. Hasan Mutawakkil.Dikutip dari InfoPublik.id, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur KH. Hasan Mutawakkil menjelaskan, vaksinasi hulumnya wajib.

“Saya divaksin AstraZeneca. Ayo seluruh umat Islam jangan ragu-ragu. Vaksinasi hukumnya wajib,” kata KH. Hasan melalui keterangan resminya yang dilansir InfoPublik dari website resmi Kementerian Kesehatan Senin 22 Maret.

Baca Juga: Tegas, Wali Kota Tangerang Tutup Alona Hotel

KH. Hasan Mutawakkil mengatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo telah bertemu dengan kyai sepuh dan langsung mendengarkan pendapat dan respon dari para romo kyai, serta para pengasuh pondok pesantren terkait vaksinasi.

KH. Hasan mengatakan memang seharusnya (vaksin AstraZeneca-red) dimanfaatkan program vaksinasi pemerintah. Karena tujuannya tidak lain untuk menjaga jiwa dan keselamatan rakyat. Juga tidak ada pemerintah yang akan mencelakakan rakyatnya sendiri.

Ada beberapa lokasi vaksinasi yang dipersiapkan di Kabupaten Sidoarjo, antara lain Pendopo Kabupaten Sidoarjo, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo, 18 puskesmas, dan 10 RS swasta rujukan COVID-19.

Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Jombang selain bertempat di Pendopo Kabupaten Jombang juga akan serentak dilaksanakan di seluruh Puskesmas di Kabupaten Jombang.
Jumlah peserta di Pendopo Kabupaten Jombang sebanyak 150 orang, terdiri dari Kyai dari Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, PP Mambaul Ma’arif Denanyar, PP Salafiyah Safiiyah Tebuireng, dan PP Darul Ulum Rejoso.

Baca Juga: Sadis, Pria 25 Tahun di Lampung Tengah Penggal Kepala Sang Ayah

Terdapat empat tim vaksinasi yang berasal dari RSUD Jombang 1 tim, RSUD Ploso 1 tim, Puskesmas Tambakrejo 1 tim, dan Puskesmas Pulo Lor 1 tim, Vaksin, alat suntik, safety box dan vaccine carrier disiapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah